YAKAYA mall tertua yang berjiwa muda

Rungkutnya di sebelah mananya YAKAYA…???, pasti pertanyaan itu muncul takkala orang bertanya mengenai arah di daerah rungkut.  Yakaya merupakan satu-satunya mall paling tua yang berada di daerah rungkut.. Anggapan rungkut adalah daerah bekas rawa, sarang nyamuk, dan tempat pembuangan sampah pelan pelan terkikis sejak hadirnya mall yakaya. Entah apa yang ada di benak sang empunya Yakaya sehingga mau mendirikan mall di daerah rungkut. Nekad atau memang penuh perhitungan, tapi yang pasti apa yang di lakukan sudah benar daerah rungkut sekarang berkembang dengan pesatnya. Berdiri tahun 90-an mall ini menjadi inspirasi bagi pengembang perumahan yang kala itu menganggap rungkut sebagai daerah pinggiran Surabaya yang kurang berkembang. Perlahan tapi pasti banyak pengembang yang ber-expansi di daerah rungkut, tengok saja sekarang banyak muncul perumahan baru mulai dari daerah sekitar yakaya hingga yang letaknya berbatasan langsung dengan laut.


Mall 2 lantai yang  bernama resmi pasar raya YAKAYA ini  tidak mengalami perubahan yang berarti sejak di bangun pertama kali. Bangunan yang terdiri dari 2 lantai itu berada di perempatan paling padat di daerah rungkut.  90% dari bangunan tersebut di gunakan oleh perusahaan grosir superindo dan menjadi jujukan bagi ibu rumah tangga di daerah rungkut apabila ingin berbelanja sedangkan bagian terasnya di sewakan bagi usahawan menengah ke bawah/ukm seperti tahu kress,sate ayam maupun jajan lainnya. Saat inipun salah satu waralaba internasional yaitu PIZZA HUT sudah kepincut dengan keelokan mall tersebut. Tidak mau kalah dengan Mc.Donald yang berdiri di seberangnya, gerai makanan khas Italia inipun ingin merasakan juga manisnya kue di perempatan emas daerah rungkut ini. Salah satu bukti lagi bahwa rungkut ,kecamatan GUNUNG ANYAR ini menuju ke era Metropolis yang tak akan kalah bersaing dengan kecamatan lainnya yang ada di pusat kota Surabaya.
Saat ini mall YAKAYA tengah bersolek, dengan di dominasi warna hijau dan kuning terlihat sangat mencolok di perempatan rungkut. Tips dari penulis kalau anda berkeinginan berbelanja di mall yakaya pastikan anda kesana di luar waktu pulang kerja, karena perempatan rungkut tersebut sangat ramai pada waktu jam berangkat dan pulang kerja.
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya