Mengurus Pembayaran Pajak Motor 5 Tahunan.


Kamis 31 january 2013, swaraguna mencoba untuk melakukan investigasi, apakah benar pelayanan pembayaran pajak Dinas Pendapatan Daerah yaitu SAMSAT sudah benar-benar mengimplementasikan iso 9001 yang di perolehnya. Khususnya mengenai “PUNGLI” apakah samsat sudah terbebas dari adanya pungutan liar yang sebelumnya sering di keluhkan oleh masyarakat.
Hal yang sangat mengganggu di sekitar samsat adalah adanya calo yang menawarkan jasa untuk pengurusan pembayaran pajak kendaraan bermotor ini (PKB). Untuk masalah calo meskipun saat ini jumlahnya sangat menurun drastis tapi masih terasa mengganggu , biasanya mereka menyaru sebagai penjual map kosong dan berkeliaran di depan loket 1. Jasa yang mereka tawarkan biasanya berupa penulisan formulir dengan biaya Rp.5000+map kosong atau pengurusan PKB lengkap sampai selesai (biaya berkisar Rp.20.000-Rp.100.000). yang menjadi pertanyaan saya , mengapa para calo ini masih bisa bebas berkeliaran di area dalam samsat, padahal jelas-jelas terpampang tulisan “hindari calo” di gedung tersebut. Sampai saat ini keberadaan para calo ini silut di berantas di karenakan masih adanya masyarakat yang membutuhkan jasanya, padahal pengurusan PKB ini sangat simple dan tidak serumit seperti 5 tahun silam. Bahkan pengurusan pajak 5 tahunan plus pembuatan plat nomor hanya membutuhkan waktu tidak sampa 1 jam, berikut saya turunkan hasil investigasi swaraguna.
Pukul 09.00wib tepat swaraguna sudah memasuki kawasan samsat yaitu area peng-gesekan nomor rangka kendaraan yang pintu masuknya ada di sebelah kiri samsat manyar, setelah memarkir kendaraan langsung menuju ke 









1.       LOKET CEK FISIK, di sini akan di tanyakan STNK asli dan BPKB asli, sebaiknya STNK sudah di lepas dari covernya karena akan di stempel oleh petugas. Setelah di stempel kita akan di suruh menuju ke…. 










2.       LOKET 1, di sini akan di tanyakan STNK asli dan KTP asli karena akan di cocokkan data yang ada pada stnk dan ktp. Setelah di cek kita akan di berikan formulir data kendaraan bermotor yang harus di isi dan lembar untuk meng-gesek no rangka dan no mesin. Saran swaraguna kita bisa membawa map dari rumah karena pihak samsat tidak menyediakan map, bila kita tidak membawa, maka kita bisa membelinya pada calo yang ada dengan harga Rp.2000- Rp 3000. Mengisi formulir yang di berikan oleh loket ini tidaklah rumit, isikan saja pada kolom pertama yaitu data kendaraan anda, untuk yang lain kosongi saja. Biasanya calo menawarkan jasanya dengan harga Rp.5000 ,untuk pengisian formulir beserta map. Selesai mengisi kita kembali ke..





















3.       LOKET CEK FISIK, confirm ke petugas cek fisik resmi yang akan dengan sigap menggesekkan nomor rangka dan mesin. Di sini kita akan di tarik biaya Rp.5000 entah ini resmi atau pungli, kalaupun resmipun tidak terdapat kwitansi untuk proses ini. Kemudian berkas kita akan di tata lebih rapi lagi , di sini juga akan di cek kelengkapan dokumen, yaitu STNK ASLI, BPKB ASLI, KTP ASLI DAN foto copy dari ketiganya. Lalu kita akan di arahkan ke area dalam gedung yang sudah sejuk karena di lengkapi dengan AC yaitu..













 
2.       LOKET 22, di sini di cek lagi kelengkapannya, KTP asli akan di kembalikan, lalu di suruh menunggu sebentar. Tidak sampai 15 menit akan di panggil dan di arahkan ke..











3.       LOKET 23, di sinilah dilakukan pembayaran PKB Rp.150.500 dan  di berikan bukti pembayaran pajak (stnk yang berwarna coklat). Lalu kita akan di arahkan ke ..










 









4.       LOKET 27, disini kita akan di kenakan biaya Rp.80 000 dengan perincian (STNk Rp.50.000, TNKB Rp. 30.000). setelah melakukan pembayaran kita di arahkan ke






















5.       LOKET 28, untuk mengambil Plat Nomor dan STNK asli. Tidak sampai 15 menit plat nomor dan STNK sudah jadi tanpa di pungut biaya lagi.    

Suasana yang nyaman dan teratur serta pelayanan yang cepat semestinya kita bisa dengan mudah melakukan pengurusan ini tanpa melibatkan calo. Untuk biaya yaitu : biaya PKB Rp150.500 (swaraguna)+ STNK dan TNKB Rp 80.000 + fee untuk bagian gesek Rp 5.000….jadi pembayaran hanya pada 3 item ini, di luar ini kita sudah tidak di pungut biaya apapun.
 
`

Share on Google Plus

About Kim Swaraguna