Mamma Kanin Sukses Dengan Makanan Sehat

Ranty Heruwanto dan kedua anaknya, Dira dan Inta Heruwanto, sukses menularkan kebiasaan makan sehat melalui Mamma Kanin, produk makanan bayi sehat.

Ide mereka muncul setelah Dira rajin menitipkan anaknya di rumah sang ibu sejak masih bayi selama ia bekerja. Sebagai orang tua yang sangat peduli dengan makanan bagi bayinya, Dira rupanya cukup rewel memberikan aturan kepada orang-orang di rumah untuk selalu memberikan bayinya makanan yang sehat dan higienis.

“Untung Mama pandai membuat makanan,” cerita Inta. “Berbagai resep makanan sehat khusus bayi pun dibuat untuk memenuhi kebutuhan anak Kak Dira.”

Ide berbisnis pun muncul. “Tujuannya, sih, kami ingin menularkan kebiasaan kami memberikan makanan sehat dan higienis kepada bayi,” kata Inta. “Karena itu, produk kami ditawarkan terlebih dahulu kepada orang-orang terdekat kami.”

Menu yang mereka buat terdiri dari dua jenis: makanan basah, seperti puree, risotto, nasi tim dan makanan kering, seperti cheese bliss, kaastengel, kanintongen (lidah kucing), hingga putri salju. "Memang makanan-makanan yang biasa dikonsumsi orang dewasa," kata Inta. "Bedanya, kami tidak menambahkan garam dan gula."

Lewat promosi dari mulut ke mulut, produk-produk makanan bayi keluarga itu cepat dikenal. Pada 2010, mereka pun resmi menggunakan nama Mamma Kanin sebagai merek produk. “Diambil dari bahasa Swedia yang berarti ibu kelinci,” jelas Inta yang pernah mengenyam pendidikan S2 di negara itu. Makanan yang mereka produksi khusus untuk anak usia di bawah empat.

Mereka lalu berbagi tugas. Sang ibu di bagian produksi, sementara kedua anaknya di bagian pemasaran, yang juga merangkap produksi. “Semua makanan yang kami buat diambil dari resep keluarga,” kata Inta. “Sebagian menggunakan bahan organik dan sebagian lagi tidak karena cukup sulit menemukan bahan organik di Indonesia.”

Untuk pemasaran, mereka menggunakan media internet, seperti website, Twitter dan Facebook. Untuk sementara, produk Mamma Kanin hanya dipasarkan melalui layanan pesan antara wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Selain itu, Mama Kanin juga membuka ruang konsultasi bagi ibu-ibu yang ingin bercerita atau bertanya seputar pengalaman memberikan makanan bagi bayi mereka.

Berikut ini adalah tip berbisnis makanan bayi sehat ala Mama Kanin:
• Perbanyak pengetahuan tentang nutrisi sehat bagi anak-anak.
• Kreasikan berbagai bahan makanan sehat yang ada.
• Konsultasikan—bila perlu—produk makanan sehat yang Anda buat kepada ahli gizi.
• Promosikan kepada orang-orang terdekat dahulu, sebelum Anda memasarkannya ke luar.
• Perhatikan kemasan jangan sampai tercemar oleh zat/benda lain selama penjualan.
• Berikan edukasi kepada konsumen tentang manfaat nutrisi makanan Anda. (Wiko Rahardjo)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar