1 Juta Untuk Siswa Program Wajib Belajar 12 Tahun

SURABAYA - Mulai tahun ajaran baru Juli nanti, program wajib belajar 12 tahun atau Pendidikan Menengah Universal (PMU) sudah harus berjalan.

Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kini telah siap memback-up sebagian dana pendidikan agar lulus SMA sederajat tersebut.

Untuk program wajib belajar hingga tamat SMA itu telah diputuskan bahwa Kemendikbud menyiapkan dana pendamping sebesar Rp 1 juta per siswa per tahun.

Meski angka ini belum ideal, tapi itu sudah sangat membantu program peningkatan pendidikan di Indonesia ini.

"Bantuan itu semacam BOS untuk setiap siswa SMA negeri swasta. Tentu bantuan itu belum sepenuhnya menutupi biaya pendidikan secara keseluruhan bagi setiap siswa," kata Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Hamid Muhammad usai sosialisasi PMU di Surabaya, Rabu (30/1/2012).

Hamid menghitung, idealnya dana untuk kebutuhan pendidikan setiap siswa SMA/SMK/MA setahun Rp 2,5 juta. Ini angka rata-rata nasional. Ada daerah yang lebih tinggi dari nominal ini. Ada pula daerah yang lebih rendah dari jumlah rupiah itu.

Kemendikbud mencatat akan ada sekitar 8,5 juta siswa SMA/SMK pada tahun ini. Mereka akan dicukupi kebutuhan belajarnya du SMA/SMK sebesar Rp 1 juta. Karena kebutuhan sebenarnya Rp 2,5 juta, Hamid meminta kepada daerah untuk iktu mengcover. Sesuai kemampuan keuangan daerah.

"Sekolah ada di daerah dan yang punya daerah. Masak tidak ikut membantu. Jadi kekurangan Rp 1,5 juta harus dibantu daerah. Jika terpaksa daerah betul-betul tak mampu masyarakat bisa berkontribusi," kata Hamid.
- See more at: http://surabaya.tribunnews.com/2013/01/30/wajar-12-tahun-siswa-sma-dapat-rp-1-juta-per-tahun#sthash.ZTrFoyRd.dpuf
Share on Google Plus

About Kim Swaraguna

0 comments:

Posting Komentar