2013, Anggaran Kemensos Naik Rp1 Triliun

Untuk program 2013 ini, Kementerian Sosial (Kemensos) menganggarkan sebesar Rp5,5 triliun. Dengan anggaran tersebut diketahui, mengalami kenaikan sebesar Rp1 triliun dibanding tahun sebelumnya.

Dan anggaran lebih banyak digunakan untuk Program Keluarga Harapan (PKH) yang pada 2013 mengalami penambahan Rumah Tangga Sangat Miskin. "Kenaikan anggaran ini lebih banyak untuk Program Keluarga Harapan, karena di tahun 2013 rumah tangga sangat miskin jumlahnya mengalami kenaikan sebanyak 900.000," ujar Menteri Sosial, Salim Segaf Al Jufri, Selasa (8/1/2013).

Untuk program - program Kemensos lainnya di tahun 2013 tidak mengalami penambahan anggaran secara signifikan. Dalam setiap tahunnya rumah tangga sangat miskin bertambah 100.000 dan diperkirakan pada 2014 nanti akan ada 3 juta rumah tangga sangat miskin.

Serapan anggaran Kemensos cukup baik karena Kemensos termasuk yang serapan anggarannya berada diatas rata-rata nasional yaitu 94%. Hal ini juga didukung oleh keikutsertaan masyarakat, dunia usaha dan LSM yang juga melakukan bantuan.

Kementerian Sosial akan melakukan program pelayanan terpadu dalam menyelesaikan permasalahan sosial pada 2013. Kemensos ingin menggugah daerah, Kabupaten, Kota, mengenai mana - mana titik yang akan disasar. dinas-dinas di daerah akan jadi satu atap yang isinya sosial, pendidikan, kesehatan. Pelayanan terpadu satu atap ini yang nantinya menyelesaikan semuanya. Masyarakat miskin akan tahu jika ingin mengadukan permasalahannya. Kemensos akan menentukan jumlah orang miskin untuk diolah bersama dengan daerah. Pelayanan terpadu ini merupakan pelayanan satu atap bekerjasama dengan kementerian lain dan dinas - dinas terkait di daerah.

Penyelesaian masalah sosial yang dilakukan satu atap ini sudah dilaksanakan diberbagai negara dan berhasil. Nantinya ada konter - konter yang bisa menyalurkan masyarakat miskin kepada instansi - instansi terkait untuk diberdayakan. ada konter untuk relawan seperti tagana, pekerja sosial, karang taruna dan dokter. Dokter yang melakukan aksi sosial juga relawan. Selain itu ada juga Program CSR dan disini melibatkan orang banyak. Kemensos tidak bisa melaksanakan program ini jika tidak mendapat dukungan daerah.

Salim mengatakan Pemerintah melalui Kementerian Sosial, pada 2013 akan membuat pilot project Kabupaten Sejahtera. Pilot Project itu sendiri terkait dengan pelaksanaan program penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial yang menjadi tugas pokok dan fungsi dari Kementerian Sosial. "2013 diharapkan ada pilot project sebuah kabupaten atau kota untuk menjadi percontohan seperti kota ramah anak, ramah lansia, ramah penyandang disabilitas, agar bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya. Suatu daerah ingin mencontoh daerah lain yang sudah berhasil," tandasnya.
Share on Google Plus

About Kim Swaraguna

0 comments:

Posting Komentar