Dengan BO-PTN Biaya Kuliah Politeknik Lebih Ringan

Di gelontorkannya dana bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BO PTN) mulai di rasakan manfaatnya. Biaya kuliah di politeknik tahun ini di pastikan lebih ringan.Misalnya,Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) yang menerima dana BO PTN sebesar Rp 3 Milyar dari pemerintah pusat.

Dulu biaya mahasiswa D-3 selama dari awal masuk sampai lulus mencapai Rp 17juta. Namun dengan adanya PPNS ini mahasiswa baru hanya cukup menyediakan dana Rp 13,5-Rp 15juta saja. sedangkan untuk D-4 / S-1 terapan yang sebelumnya menghabiskan biaya Rp 25juta-30juta sekarang hanya menghabiskan Rp 19.5 juta saja

Direktur PPNS mahfud menyebutkan " jika di hitung tiap semester mahasiswa D-3 dan D-4 hanya megeluarka dana tak lebih dari Rp2.5 juta saja". beliau menjelaskan ,sama dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN), pihaknya akan memberlakukan uang kuliah tunggal (UKT). dengan demikian ,nominal biaya semester pertama hingga terakhir berlaku flat. selain itu tidak ada lagi tagihan uang pangkal dan uang gedung.

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) juga memastikan akan menurunkan biaya kuliah mahasiswa baru. kedepan. Yang sebelumnya per-semester 3juta menjadi 1.5juta. 

bagi mahasiswa kurang mampu nanti akan membayar sesuai dengan kemampuan orang tuanya, yang jelas sesuai dengan range yang telah di tetapkan.
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

3 comments:

  1. pak saya ahmad bahrul calon mahasiswa baru, saya ingin bertanya yang dimaksud uang masuk sampai lulus sebesar 19,5 jt (D4) itu gmn maksudnya?
    apakah calon jika akan meneruskan program study ke D4 harus membayar DP/uang gedung 19,5 jt , lalu juga membayar biaya per semester yaitu 3-5 juta untuk D4 ?
    mohon tanggapannya serta penjelasannya.
    terimakasih.

    BalasHapus
  2. Anonim14.13

    pak saya zizah.pertanyaan saya juga idem sprt mas ahmad bahrul.atas penjelasanipun..matur suwun

    BalasHapus
  3. untuk kondisi yang update bisa langsung menghubungi Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), terimakasih

    BalasHapus