COOKING CLASS : BEDAH RESEP Buras dan Coto Makasar



” Tips untuk membuat buras yang gurih, dan bertekstur lembut adalah proses pemasakan yang dilakukan selama 4 jam”
Diatas merupakan cuplikan kalimat yang diucapkan oleh ibu Nanik yang merupakan Narasumber dalam acara Cooking Class : Bedah resep Buras dan Coto Makasar. Acara diselenggarakan oleh pengurus TBM Mawar Program Pustaka Sampoerna yang berkonsolidasi dengan kelompok tani RW III Kel. Rungkut Menanggal ini berjalan pada hari kamis, 14 April 2011. Dengan semangat belajar meracik masakan yang berbeda untuk keluarga 34 orang ibu - ibu di wilayah Rungkut Barata mengikuti hingga akhir acara.
Waktu acara yang sedikit molor dikarenakan peserta yang datang banyak yang telambat,akhirnya dimulai Pkl.10.00 dari jadwal yang seharusnya pkl.09.00. Acara dibuka oleh Ketua Kelompok Tani PKK RW 3, ibu Isticharoh Tantoewi menjelaskan tema acara dan juga agenda kegiatan yang mau dilakukan pleh kelompok tani untuk bulan depan. Dilanjutkan dengan penjelasan mengenai maksud dan tujuan penyelengaraan kegiatan hari ini oleh ketua TBM Mawar, Ibu Dien Sjamsul.
Acara berlanjut dengan praktek pembuatan buras, yang sebelumnya memberikan info dan tips membuat buras agar gurih dan bertekstur lembut. Perempuan yang lahir dan dibesarkan di Makasar ini menjelaskan satu persatu bahan yang dibutuhkan dalam membuat buras,proses pembuatan hingga proses pembukusan yang sesuai dengan bentuk asli buras.
Dilanjutkan dengan penjelasan mengenai pembuatan Coto Makasar sebagai makanan pendamping buras. Acara ditutup dengan para peserta mencicipi hasil masakan siang itu.
Tepat pkl.12.00 acara ditutup dan pengurus TBM berharap bahwa dengan acara ini akan bermanfaat bagi para ibu untuk menciptakan menu yang berbeda bagi keluarga (KIM Swaraguna Surabaya)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar