Dana BOS Telah Cair

SURABAYA - Dalam satu tahun Surabaya mendapatkan kucuran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebesar Rp 213,741 miliar.
Dan kemarin dana BOS untuk siswa SD dan SMP di Surabaya sejak Selasa (10/1) telah dicairkan.
‘’BOS cair kemarin. Jumlahnya sama dengan tahun lalu, Dalam pencairan BOS dilakukan setiap tiga bulan sekali,” kata Kabid Pendidik dan Tenaga Pendidik Dindik Surabaya Yusuf Masruh, Seperti dilansir laman Kominfo Jatim.
Dari jumlah tersebut,diberikan kepada siswa SD dan SMP di Surabaya. Untuk jumlah siswa penerima BOS jenjang SDN sebanyak 180.426 orang, SD swasta sebanyak 60.864 orang. Untuk SMPN siswa yang menerima dana sebanyak 45.690 orang dan SMP swasta sekitar 58.244 orang.
Ini berarti untuk jenjang SD,jumlah BOS yang dicairkan sebesar Rp 139,948 miliar. Sedangkan untuk jenjang SMP sebesar Rp 73,793 miliar.
Dalam pencairan BOS tahun ini ada sedikit perbedaan. Untuk proses penyalurannya, nantinya ada perubahan mekanisme pencairan dana BOS.Tahun ini, mekanismenya adalah dana dari APBN langsung dikirim ke Kasda Provinsi Jatim, dan selanjutnya dikirim ke rekening sekolah.
Ini berbeda dengan tahun 2011 yang penyalurannya dari pusat langsung ke rekening sekolah. “Kita hanya penyuplai data,” ucap dia. Sementara itu, Dindik Jatim juga sudah melakukan sosialisasi pencairan BOS 2012.
Penyaluran di kabupaten/kota dilakukan sebelum tanggal 16 Januari 2012 mendatang. “Saya target tanggal 10 BOS sudah cair semua,” kata Kepala Dindik Jawa Timur Harun.
Menurut Harun,Jatim menjadi percontohan se-Indonesia untuk program BOS. Karena itu, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin menyukseskannya. Beberapa indikator kesukesan program BOS ini antara lain tepat waktu, jumlah, serta sasaran.
Saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi.Kemudian dana BOS yang diberikan ke Jatim sebesar Rp 2,8 triliun bisa dicairkan. Jumlah ini berarti naik sebesar Rp 900 miliar dari tahun lalu, karena Jatim hanya menerima sekitar Rp1,93 triliun. (c8/lik)
Kenaikan dana BOS ini sesuai dengan keputusan dari pemerintah pusat, yang menaikkan anggaran dana BOS.“Kita akan manfaatkan dana dengan sebaik-baiknya,” ungkap dia. (c8/lik)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar