Kawasan Mangrove Kembar di Gunung Anyar

Kalau Rungkut mempunyai wisata mangrove wonorejo, maka gunung anyar saat ini telah mempunyai 2 tempat wisata mangrove, yaitu wisata anyar mangrove kebon agung dan wisata anyar mangrove tambak klangri. Kedua tempat ini mempunyai daya tarik alamya yang masih natural, di tambah dengan beragamnya satwa liar yang ada seperti burung, kera ekor panjang dan biawak membuat tempat ini cocok di sebut sebagai ecowisata ataupun study wisata.
Kawasan ini juga di lengkapi dengan dermaga kecil tempat bermulanya perahu yang akan membawa wisatawan menyusuri mangrove hingga ke perbatasan laut lepas. Saat ini sudah tersedia perahu wisata apabila kita berkunjung ke wisata anyar mangrove kebon agung.
Untuk lokasi dari wisata anyar mangrove kebon agung ini bisa di tempuh dari mall yakaya, terus ke timur sampai kampus UPN terus ke timur lagi, melewati beberapa perumahan maka kita akan di sambut oleh Baliho selamat datang di kawasan wisata mangrove. Sedangkan lokasi wisata anyar mangrove tambak klangri bisa di capai dengan melewati kawasan perumahan wiguna atau bisa juga dari arah sidoarjo dengan melewati komplek perumahan pondok Chandra lalu melewati jalan baru merr lurus ke timur hingga kita bertemu dengan perkampungan nelayan Gunung Anyar Tambak, setelah itu kita akan sampai di kawasan wisata mangrove.
Sayangnya sampai sekarang lingkungan di sekitar lokasi wisata mangrove belum tergarap dengan baik, seperti belum ada tempat untuk berjialan souvenir/oleh –oleh khas mangrove. Hal inilah yang mungkn menjadi salah satu sebab masih minimnya minat masyarakat untuk berkunjung ke tempat ini. Selaku masyarakat kia berharap adanya sentuhan tangan dari pemerintah kota Surabaya sehingga area wisata mangrove ini bisa berkembang menjadi sarana rekreasi andalan di Surabaya yang nantinya bisa mendongkrak PAD Surabaya serta meningkatkan taraf hidup masyarakat yang tinggal di sekitar mangrove.   (KIM Swaraguna Surabaya)
Kawasan Wisata Anyar Mangrove Tambak Klangri

Share on Google Plus

About Kim Swaraguna

0 comments:

Posting Komentar