Pembagian Raskin di Kecamatan Gunung Anyar



Untuk tahun ini, Kota Surabaya hanya mendapat jatah 65.991 RTS-PM. Jadi ada selisih 12.878 RTS-PM kalau dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Lurah harus mensosialisasikan bahwa yang menentukan siapa saja penerima raskin adalah kewenangan pemerintah pusat. Pemkot hanya menerima CD yang didalamnya berisi nama-nama dan alamat penerima raskin. Lurah tidak mempunyai kuasa untuk menambah kuota, serta tidak boleh memberikan jatah raskin kepada mereka yang tidak tercantum dalam data yang diberikan oleh pemerintah pusat. Apabila ada penerima raskin yang meninggal, lurah juga tidak bisa serta merta melakukan eksekusi dengan langsung memberikan raskin kepada ahli warisnya.
Seminggu sebelum dibagikan, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan KB (Bapemas KB) Surabaya menetapkan Surat Permohonan Alokasi (SPA). Jumlah pagu RTS-PM (Rumah Tangga Sasaran-Penerima Manfaat (RTS-PM) Kelurahan Gunung Anyar 811 yang masing-masing menerima 15 kg, dan terdistribusi sebagai berikut :
Kelurahan Gunung Anyar : 388 RTS-PM
Kelurahan Rungkut Tengah : 134 RTS-PM
Kelurahan Rungkut Menanggal : 195 RTS-PM
Kelurahan Gunung Anyar Tambak : 122 RTS- PM

(KIM Swaraguna Surabaya)



Berdasar perkiraan, dua minggu lagi pemkot mulai mendistribusikan raskin. Tahapannya, minggu depan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan KB (Bapemas KB) Surabaya menetapkan SPA (surat permohonan alokasi)-nya. Kemudian sepekan kemudian, raskin sudah bisa dibagikan.
Eko juga menyampaikan pesan wali kota yang mengingatkan seluruh jajaran pemkot agar tidak menerima, mengambil, atau melakukan segala bentuk pungutan.
“Semua biaya operasional pendistribusian raskin ini sudah ditanggung oleh pemkot. Ini pesan dari wali kota, beliau tidak akan segan memberikan sanksi bagi siapapun yang melanggar,” pungkasnya
Share on Google Plus

About Kim Swaraguna

0 comments:

Posting Komentar