Perbankan dan Asuransi Janji Bantu Program Pemberdayaan TKI Purna Jakarta

Kalangan perbankan nasional berkomitmen untuk membantu program pemberdayaan TKI Purna yang dikembangkan baik oleh BNP2TKI maupun oleh BP3TKI Jakarta. Komitmen itu selama ini dilakukan melalui partisipasi perbankan dalam kegiatan-kegiatan seperti edukasi perbankan, pengelolaan remitansi, pengelolaan keuangan dan pelatihan kewirausahaan.
Komitmen perbankan khususnya BNI 1946, BRI dan Asuransi disampaikan langsung kepada Kepala BP3TKI Jakarta, Delta, SH, MM di kantornya di Jl. Penganten Ali No 71, Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (6/6). Rapat internal perbankan dengan asuransi itu bertujuan untuk mensinergikan program-program pemberdayaan yang dikembangkan BP3TKI Jakarta.
Menurut pejabat Pengembangan Bisnis Remitansi BNI 46, Elia Tri Septianto pihaknya selama ini selalu melakukan upaya-upaya pemberdayaan TKI di banyak kota di luar Jakarta. Untuk bulan Ramadhan 1433 H ataun bulan puasa tahun ini pihaknya akan membagikan sembako gratis kepada 1000 keluarga TKI di 10 provinsi di mulai di Serang dan diakhiri di Mataram. Jadi, totalnya 10.000 sembako gratis kepada keluarga TKI. Sebelumnya BNI juga sudah memberikan bea siswa kepada anak-anak TKI di beberapa daerah kantong TKI di luar Jawa.
“Bahkan BNI kini mengembangkan program BNI Sahabat TKI,” tambah Tri.
Senada dengan BNI, BRI juga sudah terlibat dalam pembiayaan TKI ke Korea. Di samping itu, BRI juga sudah berpartisipasi dalam program-program pemberdayaan TKI Purna di banyak kota di Indonesia.
“Kami komit untuk terus membantu TKI Purna,” ujar Tri dan Farah Diba dari BRI.
Pada kesempatan itu, Kepala BP3TKI Jakarta, Delta memberi apresiasi terhadap upaya yang telah dilakukan perbankan dan asuransi dalam program-program pemberdayaan TKI Purna di luar Jakarta. Namun demikian dia mengharapkan agar program pemberdayaan itu juga bisa dilakukan di wilayah Jakarta.
“Sejak 2009 hingga 2012 sudah ada 240 binaan TKI Purna asal Jakarta, Depok dan Bekasi,” tutur Delta.
Kalangan perbankan, kata Delta, mungkin belum memahami bahwa Jakarta, khususnya di daerah Cilincing, Tanjung Priok itu merupakan kampung terpadat TKI dari sektor rumah tangga.
Ia menambahkan, selain TKI sekor rumah tangga, Jakarta juga banyak mengirim TKI formal dari sektor minyak dan gas bumi, manufaktur, Information Technology hingga sekor kelautan. Dari Januari 2012 hingga bulan April BP3TKI Jakarta telah menempatkan 800 TKI Pelaut ke banyak negara penempatan baik di Asia Pasifik, Amerika, Eropa maupun Timur Tengah.
Kepada perbankan dan asuransi, Delta mengharapkan agar mereka bisa berpartisipasi pada program-program pemberdayaan TKI Purna yang dikembangkan oleh BP3TKI Jakarta.
“240 TKI Purna Jakarta yang sudah dibina kami siap bersinergi dengan program pemberdayaan TKI Purna dari perbankan dan asuransi,” harap Delta. (zul/toha).
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar