Sekolah Gratis

Surabaya - Kota Surabaya bisa dibilang cukup peduli terhadap masalah pendidikan warganya. Pelajar sekolah negeri maupun swasta sudah mendapat subsidi dari pemerintah.

Program terobosan yang ditempuh walikota Bambang DH periode 2005-2010 memberikan subsidi pelajar SD, SMP, SMU/SMK dan RSBI. Nilainya bervariasi.

Bagi pelajar SD, mendapat subsidi melalui bantuan operasional Rp 63 ribu/orang/bulan, pelajar SMP memperoleh Rp 118 ribu/orang/bulan, pelajar yang duduk di bangku SMA maupun SMK mendapat jatah Rp 152 ribu/orang/bulan. Sedangkan pelajar RSBI mendapat subsudi yang cukup besar, Rp 250 ribu/orang/bulan.

"Subsidi ini untuk pelajar negeri dan swasta sampai sekarang, cuma nilainya berapa saya tidak tahu," kata Bambang DH yang sekarang menjadi wakil walikota Surabaya saat dihubungi detiksurabaya.com, Kamis (10/1/2013).

Latar belakang dirinya membuat kebijakan sekolah gratis di Surabaya saat itu, kata Bambang, sesuai dengan amanah undang-undang dasar bahwa pendidikan hak setiap warga negara.

"Maka negara wajib memenuhi tanpa membedakan kelas kaya atau miskin. Sekolah ya harus gratis," tegas Bambang DH yang juga wakil ketua DPD PDIP Jawa Timur ini.

Bahkan saat Bambang DH menjabat walikota bersama wakil walikota Arif Afandi periode 2005-2010, alokasi anggaran pendidikan di APBD Surabaya mampu melebihi amanat konstitusi yang mengatur minimal 20% alokasi buget APBD/APBN untuk pendidikan.

"Alokasi anggaran pendidikan untuk Surabaya sudah lebih 32 persen,itu plus untuk gaji guru. Jadi besar sekali alokasinya. RSBI dan yang bukan RSBI gratis," tandas suami Dyah Katharina.

Pendidikan gratis bagi anak-anak kata Bambang DH adalah cita-cita pendiri bangsa ini sejak dulu. "Tapi banyak pemimpin yang belum memahami kehendak konstitusi," katanya.

Berapa nominal anggaran untuk pendidikan saat ini? "Silahkan tanyakan ke walikota (Tri Rismaharini) atau komisi D," kata Bambang DH yang mengaku bisa menghormati keputusan MK tentang penghapusan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar