Surabaya Single Window, Urus Izin Secara Online

Surabaya Single Window diharapkan mempermudah perizinan usaha dan mempercepat pelayanan di bidang perizinan

maiwanews – Pemerintah Kota Surabaya luncurkan program pengurusan perizinan secara daring (online). Program dengan nama Surabaya Single Window diresmikan Walikota Tri Rismaharini, Jum’at 15 Maret 2013. Menurut Tri, seluruh proses dalam program ini menggunakan data elektronik, mulai gambar, dokumen persyaratan, surat tanah, data perencanaan, dan dokumen-dokumen lainnya.

Dengan mekanisme ini diharapkan mempermudah perizinan usaha dan mempercepat pelayanan di bidang perizinan. Siapapun dapat mengaksesnya dari mana saja, dengan kepastian mengenai persyaratan, waktu, serta biaya pengurusan.

Wakil Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Jawa Timur, Happy Gunawarman, mengatakan layanan baru tersebut sangat membantu pengusaha karena adanya kemudahan dan kepastian di bidang layanan perizinan. Proses perizinan melalui UPTSA selama ini kadang-kadang tidak jelas. Surabaya Single Window juga membuat pengurus bisa segera tahu jika dokumennya tidak lengkap.

Agus Widiyarta, Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Jawa Timur mengatakan, mekanisme perizinan daring ini dapat memberikan pelayanan publik secara optimal kepada masyarakat, tanpa harus disulitkan dengan birokrasi panjang dan berbelit serta memungkinkan terjadinya praktek korupsi, kolusi dan nepotisme. Ia mengaku percaya dengan Surabaya Single Window maka pelayanan publik akan lebih berkualitas dan efektif, terutama dalam masalah ketepatan waktu penyelesaian pelayanan perizinan.

Selain itu, Agus juga mengomentari masalah biaya. Menurutnya, dengan sistem ini akan tertutup kemungkinan adanya biaya-biaya tambahan karena mengurangi tatap muka antara pemohon dan pemberi layanan.

ada beberapa pelayanan Jenis Sub Perizinan :

Izin Gangguan (HO)
Ijin Usaha Jasa Konstruksi
Ijin Praktek Tenaga Medis
Ijin Pemakaian Tanah (IPT)
Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)
Surat Keterangan Rencana Kota (SKRK)
Ijin Jasa Telekomunikasi
Kartu Tanda Pencari Kerja (TPK)
Ijin Jasa Titipan
Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP)
Izin Rekomendasi Menara


Share on Google Plus

About Kim Swaraguna

0 comments:

Posting Komentar