Tips Unik Mencegah Nyamuk Demam Berdarah

Demam Berdarah Dengue (DBD), atau istilah kedokterannya disebut Dengue Hemorrhagik Fever (DHF) adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Dengue tipe 1-4, dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti betina (dominan) dan beberapa spesies Aedes lainnya. Di Indonesia sendiri, keempat tipe virus Dengue dapat ditemukan, dan yang dihubungkan dengan gejala DHF yang parah adalah tipe 3. Kekebalan (imunitas) terhadap satu jenis virus tidak berlaku untuk infeksi jenis virus lainnya, bahkan dapat menimbulkan reaksi yang kurang menguntungkan bagi tubuh. Jumlah kasus DHF utamanya meningkat pada musim hujan dimana sumber air bersih bagi perkembangbiakan nyamuk Aedes tersedia dimana-mana, jika tidak dilakukan program pembersihan lingkungan yang baik.
Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah bahkan memberantas keberadaan nyamuk tersebut, salah satunya dengan tips mudah berikut ini.

Bahan yang kita perlukan hanya :

- Botol minuman kapasitas 2 liter
- 200ml air
- 50 gram gula merah
- 1 gram tepung ragi
- Termometer
- Pisau/Cutter
- Kertas hitam/lakban/kresek hitam

Cara kerjanya :
1. Potong botol plastik di bagian tengahnya sehingga botol menjadi dua bagian.
2. Ambil bagian bawah botol.
3. Larutkan gula dalam air panas. Biarkan mendingin hingga  70 derajat F (suhu kamar).
4. Tambahkan tepung ragi agar Karbon dioksida dapat terbentuk didalam botol sehingga akan menarik nyamuk.
5. Lapisi sisi botol dengan bungkus gelap.
6. Kemudian bagian atas botol yang telah kita potong tadi kita balik sehingga membentuk seperti corong dengan posisi moncong botol dibawah lalu taruh di atas botol yang satu nya. (Lihat gambar step 5)
7. Tempatkan di sudut di rumah Anda.
8. Dalam 2 minggu Anda akan terkejut dengan jumlah nyamuk yang mati di dalamnya.

Kita bisa turut berpartisipasi memberantas penyakit demam berdarah dari hal-hal kecil seperti tadi sebagai pencegahan yang dapat kita lakukan agar lingkungan kita dapat bebas dari penyakit Demam Berdarah serta menghindarkan keluarga kita tercinta dari serangan penyakit tersebut. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati bukan ? .(KIM SWaraguna Surabaya)
Share on Google Plus

About Kim Swaraguna

0 comments:

Posting Komentar