Surabaya (ANTARA News) - Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya membuka kelas psikologi untuk Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) mulai Mei mendatang.

"Kami akan membuka dengan metode bergilir untuk 30 orang Bunda PAUD pada setiap semester," kata Dekan Fakultas Psikologi Unair Seger Handoyo di Surabaya, Rabu.

Ia menjelaskan puluhan Bunda PAUD itu akan mengikuti kelas seminggu sekali dengan bobot 3 SKS (satuan kredit semester), sehingga seluruh Bunda PAUD di Surabaya dan Jatim akan terlatih.

"Kelas Bunda PAUD itu kami buka untuk merespons harapan Pembina Bunda PAUD Kota Surabaya Dyah Katarina saat tayang-bincang (talkshow) di Unair, Senin (13/2)," katanya.

Menurut Dyah Katarina yang juga istri Wakil Wali Kota Surabaya Bambang DH itu, sebanyak 9.000 lebih Bunda PAUD di Surabaya merupakan sukarelawan.

"Mereka memiliki latar belakang yang bermacam-macam, mulai dari lulusan SMP sampai SMA yang kurang memiliki ketrampilan dalam mengasuh anak," katanya.

Oleh karena itu, ia berharap kalangan universitas yang memiliki keahlian untuk mendidik anak mau berbagi untuk melatih para Bunda PAUD yang dengan sukarela tanpa mengharapkan imbalan dengan pelatihan secara khusus.