Koperasi Wanita "Mandiri" Kelurahan Rungkut Tengah Kecamatan Gunung Anyar



Kopwan “Mandiri” berdiri pada 2009 dengan badan hukum No.224/BH/XVI.37/2010 tgl 2 Februari 2010 yang merupakan pembentukan angkatan I bersama 72 kopwan lainnya se-Kota Surabaya. Aktifitas usaha yang dijalankan koperasi tersebut selama 3 tahun terakhir baru di bidang simpan pinjam, tetapi mulai tahun ini merencanakan penambahan usaha bidang jasa dan pertokoan.
Jumlah anggota yang terhimpun dalam kopwan tersebut sebanyak 116 orang yang berdomisili di lingkungan Rukun Warga (RW) I - IX Kel. Rungkut Tengah. Anggota dipersyaratkan membayar simpanan pokok Rp100.000 dan simpanan wajib Rp20.000.

80% dari jumlah anggota koperasi tersebut merupakan pelaku usaha mikro kecil, baik di bidang industri maupun perdagangan, dan untuk menggerakkan usaha, para anggota membutuhkan tambahan modal dan kopwan mandiri dapat memberikan pinjaman hingga Rp3 juta yang dapat diangsur selama 12 bulan. Dengan bunga pinjaman 1,5% per bulan, dana tersebut dimanfaatkan untuk kegiatan produktif.

Dana yang dipinjamkan berasal dari hibah Pemprov Jatim Rp25 juta dan tambahan lagi Rp25 juta serta simpanan anggota, yang telah berkembang menjadi Rp112 juta.

Atas kiprahnya dalam memberdayakan para anggota dan menjalankan misi secara secara tepat sasaran, Kopwan “Mandiri” mendapatkan penghargaan dari Walikota Surabaya Tri Rismaharini sebagai Juara I Koperasi Wanita Berperingkat 2011. Selain itu, ditetapkan sebagai salah satu Koperasi Wanita Berkinerja Baik 2011, sehingga mendapatkan tambahan modal Rp25 juta.
Berkat upaya sungguh-sungguh dari para personilnya, pada tanggal 29 Januari 2013 lalu, Kopwan Mandiri mampu melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) dengan lancar.

(ditulis oleh Rizki Rira untuk Swaraguna)










Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar