Musik Patrol Jabal Nur, Paduan Musik Alternatif dari Gunung Anyar


 
Musik patrol berasal dari budaya daerah tapal kuda, yang awalnya digunakan untuk ronda dan berkembang sebagai musik untuk membangunkan sahur pada bulan puasa. Kini musik patrol berkembang lebih maju, dengan paduan kreativitas bunyi peralatan, lagu dan gerak, menjadikan musik patrol bukan sekedar musik ronda saja.

Di Surabaya, musik patrol mulai berkembang sekitar 4 tahun yang lalu, terutama didaerah pinggiran surabaya, salah satunya di daerah Gunung Anyar.

Group musik patrol Jabal Nur, berdomisili di Gunung Anyar Kidul Surabaya, adalah salah satu group yang berkembang cukup pesat. Dengan personil yang rata-rata masih anak sekolah, kreativitas mereka justru tidak kalah dengan musik drum band yang sudah lebih dikenal.

Dalam usia yang relatif masih baru, group Jabal Nur sudah memiliki prestasi yang cukup banyak, antara lain menjadi juara 2 pada lomba musik patrol yang diadakan pemkot Surabaya tahun 2012, juara 2 festival musik patrol tahun 2011 Dinas kebudayaan dan Pariwisata kota Surabaya, dan juara 2 festival musik patrol tahun 2011 Pahlawan Ekonomi Pemkot Surabaya.

Group musik Jabal Nur, kini juga sudah mulai sering diundang untuk mengisi acara karnaval, pernikahan, parade musik, seminar, jalan sehat dll. Ingin mencoba musik alternatif ini untuk meramaikan acara anda? Mengapa tidak.... Silahkan kontak ke Ardi 085645040610

Tim Jabal Nur :
1. A’am alat Balera
2. Azis alat Kentongan 1
3. Robi alat Kentongan 2
4. Firman alat Kentongan 3
5. A’an alat Gong 1 (besar)
6. Hari alat Gong 2 (besar)
7. Beni alat Gong 1 (kecil)
8. Yunji alat Gong 2 (Kecil)
9. Wisik alat Tropel
10. Wahyu alat Kempul 2
11. Thonik alat Kempul 1
12. Najib alat Drum
13. Najib (Pecut) alat Additional Gong 2 (Kecil) / crew
14. Raka alat Kentongan 1
15. Zidni alat Kentongan 2
16. Fikri alat Kentongan 3
17. Hasan jabatan badut
18. Mbah Puji jabatan Crew 1
19 Indra Ahong jabatan Crew 2
20 Ipan jabatan Crew 3



(ditulis oleh Rizki Rira untuk Swaraguna)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar