Pos Kesehatan Keluarga (POSKESKEL) Siaga, Kelurahan Rungkut Menanggal


Demi terwujudnya keluarga yang sehat dan sejahtera di kelurahan Rungkut Menanggal – Gunung Anyar Surabaya ini didirikanlah POS KESEHATAN KELUARGA SIAGA. Di harapkan dengan adanya Pos kesehatan ini masyarakat di kelurahan Rungkut menanggal ini dapat tercover kebutuhan berobat dan dapat menjaga kesehatan mereka secara prima   

Pos kesehatan kelurahan tersebut bertugas tidak hanya mengobati masyarakat yang sakit tetapi mereka akan lebih fokus ke pencegahan dan promosi kesehatan. Sehingga masyarakat tidak perlu sampai sakit dan harus mengkonsumsi obat.

Sangat di sayangkan kondisi masyarakat  pada umumnya. Sebab, belanja obat jauh lebih besar dibandingkan dengan promotif dan preventif. Akibatnya, anggaran untuk belanja obat membengkak,
Dengan adanya pos kesehatan kelurahan, kata Samsul maka belanja obat bisa ditekan hingga 50 persen. Sebab, dengan berperilaku hidup sehat maka masyarakat akan terhindar dari berbagai penyakit. Sehingga belanja obat bisa ditekan.

Dengan  menekan belanja obat maka Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Surabaya bisa dialihkan untuk membiayai kebutuhan yang lain seperti pembangunan infrastruktur atau memberikan pinjaman modal ke UMKM.

(diposkan kim swaraguna - Yanuar Yudha)



Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar