Musik Patrol "PUTRO NANGGAL" Rungkut Menanggal - Gunung Anyar

Musik Tradisional adalah musik yang hidup dimasyarakat secara turun temurun, dipertahankan sebagai sarana hiburan. Tiga komponen yang saling mempengaruhi diantaranya Seniman, Musik itu sendiri dan masyarakat penikmatnya. Sedangkan maksudnya untuk mempersatukan persepsi antara pemikiran seniman dan masyarakat tentang usaha bersama dalam mengembangkan dan melestarikan seni musik tradisional menjadikan musik tradisional sebagai perbendaharaan seni di masyarakat sehingga musik tradisional lebih menyentuh pada sektor komersial umum.
Musik patrol ini awal mulanya digunakan untuk penjaga malam dan ronda, untuk membangunkan masyarakat yang sedang tidur agar melihat apabila ada pencuri atau perampok yang masuk di rumahnya. Kemudian berkembang untuk membangunkan masyarakat muslim yang berpuasa untuk makan sahur. Saat ini patrol berkembang lagi menjadi music yang di mainkan di setiap ada kesempatan, misalkan di acara-acara umum.
suasana latihan menjelang LCCK
Musik Patrol Kesenian tradisional ini menggunakan peralatan yang sederhana yaitu kentongan bambu atau kayu yang dibunyikan dengan irama teratur sehingga memberikan suara yang enak didengar. Perkembangan selanjutnya peralatan musiknya ditambah jidor, gitar, ketipung, angklung dan lain sebagainya.
Di kecamatan Gunung Anyar terdapat beberapa Grup patrol salah satu di antaranya adalah grup patrol “Putro Nanggal” yang bermarkas dib alai RT Rungkut Menanggal. Grup ini telah kenyang pengalaman dengan banyak bermain di berbagai tempat di Surabaya maupun luar kota, kebanyakan personilnya adalah remaja usia sekolah yang sangat berbakat di bidang music. KALAU TERTARIK UNTUK MENYEWA MEREKA GUNA MENGISI SUATU ACARA BISA MENGHUBUNGI SWARAGUNA…….

(ditulis oleh Rizki Rira untuk Swaraguna)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

3 comments:

  1. loh, gambarnya yg pertama bkan putro nanggal..
    tp yg kedua itu bner..

    BalasHapus
  2. tolong direvisi kembali ya..

    BalasHapus
  3. okee... karena pada saat admin posting berita ini, kami belum mendapat foto resmi dari putro nanggal :)

    BalasHapus