Perkembangan Pendidikan Non Formal dan PKBM di Kelurahan Gunung Anyar Tambak

Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Hasil pendidikan nonformal dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.
Pendidikan nonformal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan/atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat.
Pendidikan nonformal berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional.
Kegiatan pendidikan non formal teraktualisasi dalam bentuk Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). PKBM ini masih berada di bawah pengawasan dan bimbingan dari Dinas Pendidikan Nasional. PKBM ini bisa berupa tingkat desa ataupun kecamatan. untuk mendirikan PKBM bisa dari unsur apapun oleh siapapun yang tentunya telah memenuhi syarat-syarat kelembagaan antara lain : 1. Akta Notaris 2. NPWP 3. Susunan Badan pengurus 4. Sekretariat 5. Ijin Operasional dari Dinas Pendidikan Kab/kota
Cakupan kegiatan PKBM antara lain meliputi pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keaksaraan, pendidikan ketrampilan dan pelatihan kerja. Pendidikan kesetaraan meliputi Paket A, Paket B dan Paket C, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik seperti: lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok belajar, majelis taklim, sanggar, dan lain sebagainya, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik.


Ada dampak positif yang mungkin dapat dirasakan oleh warga sangat berarti adalah dengan adanya keberadaan PAUD Terpadu di Wilayah Kelurahan Gununganyar Tambak dapat meningkatkan tingkat pendidikan anak usia dini. Melalui 4 PAUD/ PPT yaitu : 
PPT/PAUD Bintang



PPT/PAUD Al Alim



PPT/PAUD Kartini


PPT/PAUD Tunas Windu

Selain  PPT/PAUD terdapat juga Kelompok belajar Masyarakat Al Alim meliputi Kejar Paket A, Kejar Paket B dan Kejar Paket C.



Untuk pelatihan kewirausahaan di kelurahan Gunung Anyar Tambak, antara lain kursus menjahit, membuat sabun cair dan cairan pembersih lantai dan lain sebagainya yang secara rutin diselenggarakan di pendopo keluruhan Gunung Anyar Tambak. (ditulis oleh Rizki Rira untuk Swaraguna)









Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar