Smart Office melayani E-KTP di Mall

Untuk lancarnya proses pendataan e-KTP. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Pemkot Surabaya terus menerus melakukan terobosan-terobosan baru. Setelah menambah layanan e-KTP di sejumlah mal-mal dengan menyediakan pojok smart office yang melayani e-KTP. Di Royal Plasa, ITC Mega Grosir dan BG Juntion.
Layanan e-KTP di ketiga pusat perbelanjaan ini melayani proses e-KTP dari 7-13 Mei mendatang. Tak hanya hanya di Mall, e-KTP buka di Taman Bungkul Dispendukcapil juga akan membuka layanan di sana pada 12-13 Mei nanti.
“Rencananya Pemkot juga membuka layanan e-KTP di Gramedia Expo pada 16-20 Mei,” kata Kepala Dispendukcapil Surabaya, Suharto Wardoyo, Rabu (9/5).
Sementara itu, hingga kemarin, dari 2.232.445 warga Surabaya yang wajib e-KTP, baru sekitar 1. 485.815 atau 79,18 persen yang telah melaksanakan perekaman data. Sisa sebanyak 1.876.395 masih dalam proses.
Langkah pembuatan layanan e-KTP di mal-mal, karena layanan e-KTP di hampir semua kecamatan se-Surabaya sebanyak 31 kecamatan sudah mulai sepi. Belum diketahui apa penyebabnya, tapi warga itu malas karena pengenaan denda Rp 100.000 yang seharusnya dikenakan sejak 1 Mei ditunda hingga akhir 2012.
“Kondisinya sekaranga seperti itu. Kenapa warga yang belum mengurus e-KTP tidak lagi berbondong-bondong ke kantor kecamatan atau balai kota. Ini yang masih kami telusuri. Apakah, karena pengenaan denda yang diundur itu atau yang lain. Saya nggak tahu,” jelasnya.
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DispendukCapil) Kota Surabaya terus melakukan gebrakan demi menjaring warga Surabaya yang belum mengurus KTP elektronik (e-KTP).
DispendukCapil menempatkan satu mobil keliling pelayanan e-KTP di depan Taman Bungkul. Mobil layanan terparkir berjajar dengan mobil Samsat yang melayani SIM keliling.
Mobil layanan e-KTP keliling ini cukup menarik perhatian warga. Meski, memang tidak banyak warga yang mengurus karena kebanyakan mereka telah melakukan perekaman data e-KTP di kecamatan masing-masing.
Dimas, pegawai DispendukCapil yang berjaga di mobil keliling, mengaku sejak dibuka pukul 10.30 Wib, hingga pukul 12.00 Wib, sudah ada lima warga yang sudah mengurus e-KTP. “Harapan kami warga Surabaya yang belum mengurus e-KTP bisa datang ke Taman Bungkul. Di sini tidak perlu antre,” tegas Dimas.

(ditulis oleh Rizki Rira untuk Swaraguna)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar