Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Menuju PTN

Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya di Gunung Anyar terdapat salah satu Universitas Terbaik (5 Universitas Unggulan se wilayah Kopertis VII Jawa Timur) dan telah mendapatkan dukungan khususnya oleh Menhan untuk menjadi kampus negeri. Dahulu kampus ini sangat identik dengan tentara hal ini di karenakan UPN sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah pembinaan Departemen Pertahanan Keamanan RI kemudian tahun 2007 UPN Veteran secara operasional di bawah pembinaan Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Perumahan yang secara fungsional di bawah pembinaan Kementrian Pertahanan Republik Indonesia. Sekarang kesan tentara perlahan mulai menghilang dari kampus yang terletak di timur Gunung Anyar ini.

Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur adalah sebuah Perguruan Tinggi Swasta yang berdiri sejak Juli 1959, berlokasi di kota Surabaya, Propinsi Jawa Timur, Indonesia, memiliki 6 Fakultas (Ekonomi, Pertanian, Teknologi Industri, Teknik Sipil dan Perencanaan, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum) dan Program Pasca Sarjana terdiri atas 20 Program Studi yang seluruhnya telah terakreditasi A dan B oleh Badan Akreditasi Nasional. Didukung oleh 324 staf Dosen Tetap bergelar Profesor, Doktor dan Magister / Master serta bersertifikat sebagai Dosen oleh Kementrian Pendidikan Nasional. Seluruh kelas dilengkapi AC dan LCD proyektor, didukung dengan laboratorium dan studio yang kompeten serta kebun percobaan dan green house yang modern. Didukung pula dengan sistem informasi berbasis komputer untuk kegiatan belajar mengajar melalui http://siamik.upnjatim.ac.id/ (daftar ulang, pembayaran SPP, pengisian KRS, pemantauan KHS dll) secara on-line 24 jam. UPN Veteran Jatim telah menerapkan cara belajar melalui e-learning (http://elearning.upnjatim.ac.id/) , sarana perpustakaan modern dengan koleksi lebih dari 10.000 buku, jurnal, majalah, karya ilmiah yang dapat diakses secara on-line melalaui layanan internet (http://eprints.upnjatim.ac.id/) Memiliki sarana olah raga dan sarana pengembangan kesenian, yaitu : kolam renang berstandart olimpiade, lapangan tennis 3 ban, lapangan sepak bola, lapngan basket, panjat tebing, Gedung Serba Guna untuk olah raga indoor, olah raga bela diri, pertunjukan seni dan musik, pameran, dilengkapi juga asrama mahasiswa (100 kamar untuk 400 mahasiswa), guest house, lapangan parkir luas, kantin di setiap gedung, wifi (hotspot area) di setiap gedung serta sarana pendukung lainnya. UPN Veteran Jatim sedang diproyeksikan menjadi Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum (Negeri) di bawah pembinaan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. UPN Veteran Jatim merupakan salah satu dari sedikit Perguruan Tinggi di Indonesia yang telah bersertifikat ISO 9001-2008 di bidang Sistem Manajamen Mutu, memiliki ranking webometrics 8.338 secara Internasional dan 78 secara Nasional, termasuk 58 PT terbaik yang menjalankan Penjaminan Mutu menurut versi Ditjen Dikti, dan sebagai 5 Universitas Unggulan se wilayah Kopertis VII Jawa Timur di bidang tata kelola, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta kemahasiswaan. Alamat Kampus : Jl. Raya Meokan Ayu, Gunung Anyar Rungkut, Surabaya. Alamat Website : http://www.upnjatim.ac.id/ Untuk Tahun Akademik 2011.

Sejarah Singkat
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, disingkat UPN Veteran Jatim atau UPN VJT berlokasi di Surabaya merupakan Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang berdiri sejak 5 Juli 1959.  UPN Veteran Jawa Timur didirikan oleh para veteran pejuang perang kemerdekaan sebagai monumen hidup dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia. Dalam perkembangannya UPN Veteran Jawa Timur telah mengalami beberapa perubahan nama dan status.
  1. Periode 1959 – 1965 bernama Akademi Administrasi Perusahaan Veteran Cabang Surabaya.
  2. Pada tahun 1968 berubah nama menjadi Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (PTPN) Veteran Cabang Jawa Timur.
  3. Periode 1976 – 1994 terjadi peralihan status PTPN Veteran Cabang Jawa Timur sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah pembinaan Departemen Pertahanan Keamanan RI.
  4. Pada tahun 1977 berubah nama menjadi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Cabang Jawa Timur.
  5. Pada tahun 1995 berubah menjadi Perguruan Tinggi Swasta dengan nama UPN Veteran Jawa Timur yang secara operasional di bawah pembinaan Yayasan Kejuangan Panglima Besar Sudirman dan secara fungsional di bawah pembinaan Departemen Pertahanan dan Keamanan RI.
  6. Pada tahun 2007 UPN Veteran secara operasional di bawah pembinaan Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Perumahan yang secara fungsional di bawah pembinaan Kementrian Pertahanan Republik Indonesia.
  7. Sesuai dengan perkembangan dan kemajuan yang telah diraih, maka UPN Veteran Jawa Timur diproyeksikan oleh Kementrian Pertahanan untuk menjadi Perguruan Badan Layanan Umm (Negeri).
 (diposkan kim swaraguna - Yanuar Yudha)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar