Camat Gunung Anyar Berbagi Tips Kemenangan KIM SwaraGuNa

Pagi ini (8/5) Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Surabaya kembali mengadakan pembinaan rutin bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se-Kota Surabaya. Kali ini pihak Dinkominfo mendatangkan narasumber yang berkompeten, yaitu Arief Firmansyah yang juga merupakan Dosen Ilmu Ekonomi Universitas Airlangga Surabaya. Selain itu, turut hadir Camat Gunung Anyar, Kanti Budiarti. 

Pada kesempatan tersebut, Kanti Budiarti berbagi ilmu tentang pembinaan KIM yang ia terapkan di kecamatannya. Sebagai informasi, untuk Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) KIM Tahun 2013 tingkat Kota Surabaya, KIM SwaraGuna Gunung Anyar berhasil menjadi juara I. Hal tersebut merupakan kebanggan tersendiri bagi Kanti."Terima kasih untuk Dinkominfo yang selama ini mengadakan pembinaan bagi KIM. Selain itu, tiap sebulan sekali kami juga mengadakan pembinaan KIM di kecamatan. Pertemuan itu di hadiri oleh para Lurah, Tokoh masyarakat dan Instansi terkait. Disana kami membicarakan program KIM dan juga evaluasi atas kegiatan KIM kami," kata wanita berjilbab ini. 

Ia menambahkan tentang fungsi KIM yang begitu berguna di wilayahnya. "Peran KIM itu sangat besar. Alhamdulillah sangat membantu dalam pemberian informasi ke masyarakat, terlebih kepada para UKM dalam memasarkan produknya melalui internet dan mengembangkan kawasan Wisata Mangrove Gunung Anyar. Untuk mewujudkan hal itu KIM bersinergi dengan paguyuban UKM di Gunung Anyar yaitu Catur Tunggal Dewi dan Kelompok Sadar Wisata. Selain itu juga membantu pihak kecamatan dalam  menyebarluaskan informasi kepada masyarakat. Bahkan, KIM kami juga bersinergi dengan pihak kepolisian ,Puskesmas dan  instansi terkait. Misalnya saja ada kasus kriminalitas, dan lain sebagainya," ujar Kanti.

Disamping itu, Arief menjelaskan penguatan peran KIM. "Peran KIM sangat penting. Terlebih saat ini terpaan informasi begitu besar. Disinilah KIM berperan dalam memilah, memilih dan menyebarluaskan informasinya kepada masyarakat. Terutama peran KIM sebagai mitra pemerintah dalam penyebarluasan informasi," ujar Arief.(Di posting dan di olah oleh Yanuar Yudha untuk Swaraguna)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

4 comments:

  1. Anonim06.50

    Setahu saya, untuk KIM itu wilayah atau scoupe area kerjanya hanya setingkat Kelurahan (bukan Kecamatan).
    Apakah ada KIM di tingkat Kecamatan ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. KIM dibentuk oleh kelompok masyarakat dibawah pembinaan Dinas Kominfo Surabaya. KIM bisa dibentuk mulai tingkat rt sampai kecamatan. Di kecamatan lain, bisa jadi tingkat kelurahan, rw ataupun rt lebih dahulu terbentuk daripada tingkat kecamatan.
      Kondisi di kecamatan Gunung Anyar, awal terbentuknya KIM diawali dari tingkat kecamatan. Dan pada saat ini mulai membentuk KIM KIM baru di tingkat kelurahan.

      Hapus
  2. Anonim06.51

    Supaya produk Kami bisa tampil di blog-nya KIM SwaraGuna, harus menghubing siapa dan kena biaya berapa ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan yang tampil dalam blogrol UKM, kami khususkan untuk produk2 UKM Gunung Anyar, memang belum semuanya sempurna, tapi kami terus akan berbenah. Jika anda punya produk dan ingin ditampilkan dalam bentuk artikel, silahkan dikirim melalui email kami, untuk saat ini kami belum membebankan biaya apapun.

      Terima kasih, semoga berkenan :)

      Hapus