Festival Rujak Uleg Surabaya 2013

Luar Biasa..itulah kata yang tepat untuk menggambarkan suasana festival rujak uleg yang di adakan Pemkot Surabaya dalam rangka Hari jadi Kota Surabaya ke - 720. Meskipun acara baru di mulai pukul 13.00 wib tetapi antusias peserta maupun pengunjung sangat tinggi.

Untuk kali ini jumlah keseluruhan peserta mencapai 1200 partisipan dengan dandanan yang super heboh. Bahkan beberapa peserta memakai kostum layaknya festival bunga serta kostum unik seperti tokoh-tokoh pewayangan.

Rujak uleg selama ini sudah lekat dengan Surabaya. Untuk mengenalkan kuliner khas Kota Pahlawan itu, Pemkot Surabaya berencana mematenkan festival rujak uleg menjadi event internasional yang digelar setiap tahun. Selama ini, berbicara rujak uleg memang tak bisa dipisahkan dari Kota Surabaya. Makanan yang terdiri dari kacang, sayuran, buah-buahan sampai lontong itu memiliki cita rasa tersendiri yang bisa dinikmati oleh semua orang di dunia.

Sekretaris Panitia Hari Jadi Kota Surabaya Yayuk Eko Agustin menuturkan, tiap tahun Surabaya selalu menggelar festival rujak uleg. Rencananya, festival itu tak hanya diikuti masyarakat di Indonesia saja, tapi juga bisa disemarakkan peserta dari berbagai negara. “Jadi ini bisa menjadi langkah maju untuk mengenalkan Surabaya ke kancah internasional,” ujar Yayuk, kemarin.

Dia melanjutkan, festival rujak uleg selalu diikuti oleh berbagai masyarakat di Indonesia. Bahkan, perwakilan duta besar yang ada di Indonesia beberapa tahun terakhir selalu dilibatkan. “Apresiasi mereka cukup besar, banyak perwakilan negara asing yang senang menjadi peserta festival,” jelasnya. Yayuk yang juga Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) itu juga menjelaskan jika rujak uleg sudah menjadi event internasional, wisatawan luar negeri bisa memiliki jadwal untuk datang ke Surabaya.


“Kami akan terus mengenalkannya ke luar negeri. Terbukti banyak juga mahasiswa asing yang ada di Surabaya dilibatkan dalam festival rujak uleg,” katanya. Kalau sudah masuk agenda internasional, lanjutnya, bisa dipastikan banyak wisatawan yang akan ke Surabaya untuk mengikutinya.

di tulis dan di posting oleh Yanuar Yudha untuk Swaraguna- diolah dari berbagai sumber
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

2 comments:

  1. Anonim13.44

    Artikel seperti diatas akan lebih menarik lagi jika ditambahkan foto-foto kegiatan pada saat acara berlangsung.

    Trim's

    BalasHapus
  2. tq atas masukannya.......

    BalasHapus