PPDB Online Segera Dimulai

KIM Swaraguna/Surabaya - Mulai Senin (20/50 hari ini pukul 08.00 sampai dengan tanggal 23 Mei pukul 16.00 mendatang, Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya membuka latihan perdana Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online. Latihan ini diharapkan untuk mengetahui kelemahan sistem serta memberi pengetahuan kepada siswa agar saat pendaftaran resminya dibuka, mereka tidak menemui kendala.
Ketua Dewan Pendidikan Surabaya Isa Anshori mengatakan, selama PPDB dilakukan secara online kendala yang dialami selama beberapa tahun ke belakang adalah server pendaftaran yang lemot pada jam-jam tertentu. Untuk itu, dia berharap agar melalui uji coba PPDB ini, tim teknis dapat mempelajarinya guna memperbaiki sistem yang sudah ada.
“Sejak dua tahun ke belakang, sistem PPDB online selalu mengalami kendala atau bahkan bisa mati ketika semua siswa mendaftar secara bersamaan pada jam-jam tertentu. Semoga ini tidak terulang kembali pada tahun ini ,” katanya, Senin (20/5) pagi tadi.
Menu pendaftaran latihan sendiri dapat dilihat pada laman www.ppdbsurabaya.net. Akan ada tiga kali jadwal latihan sebelum pendaftaran untuk jalur sekolah kawasan dibuka pada 16 Juni mendatang. Selain tanggal 20 Mei-23 Mei, latihan kedua digelar 3 Juni - 6 Juni dan terakhir tanggal 10 Juni sampai 13 Juni di jam yang sama.
Isa pun meminta, jadwal latihan yang sudah diberikan oleh Dispendik Surabaya itu dimanfaatkan betul oleh siswa. Mereka pun diminta aktif untuk terus berkonsultasi kepada guru di sekolahnya masing-masing bila mengalami kendala.
“Dispendik pun juga harus jelas, bahwa jadwal itu kapan dibuka dan ditutupnya. Jangan sampai siswa terkecoh dengan jadwal yang tak tentu. Terutama ketika pendaftaran yang sebenarnya benar-benar dibuka pada pertengahan bulan Juni mendatang,” tegasnya.
Kepala Dispendik Surabaya Ikhsan mengatakan, latihan pedaftaran itu akan berakhir sebelum pedaftaran jalur kawasan dibuka pada 16 Juni mendatang. Menurutnya, siswa tidak perlu khawatir dengan sistem PPDB yang ada. Jika mereka mau mempelajarinya dan berlatih, mereka pasti bisa. ”Tidak ada yang sulit, jika mau berlatih dan mempelajarinya,” katanya.
Pihak sekolah pun bisa mengumpulkan para siswa, kemudian menunjukkan kepada mereka bagaimana caranya mendaftar. Selain itu, para siswa bisa berlatih sendiri di rumah. ”Selama latihan, setiap saat mereka bisa berlatih untuk daftar,” ujarnya.
Dia meminta agar siswa memanfaatkan waktu latihan itu dengan baik, sehingga saat melakukan pedaftaran yang sebenarnya mereka sudah lancar dan tidak mengalami kendala. Apalagi, latihan pedaftaran itu sengaja diadakan agar siswa tidak bingung lagi saat mendaftar nanti.m18
LATIHAN PPDB SURABAYA
Latihan Pertama
Tanggal 20 Mei 2013 mulai pukul 08.00 hingga 23 Mei 2013 pukul 16.00

Latihan Kedua
Tanggal 3 Juni 2013 mulai pukul 08.00 sampai 6 Juni 2013 pukul 16.00

Latihan Ketiga
Sejak tanggal 10 Juni 2013 pukul 08.00 berakhir pada 13 Juni 2013 pukul 16.00

Keterangan
Menu latihan di http://www.ppdbsurabaya.net/

Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

2 comments:

  1. kalo sudah mendaftar tapi tidak terbaca bagaimana ?

    BalasHapus
  2. bisa langsung menghubungi diknas, agar bisa langsung di tangani dengan cepat

    BalasHapus