Hore....MOS tidak akan di berlakukan lagi

KIM Swaraguna/Surabaya - Layanan Orientasi Sekolah (LOS) akan digelar mulai tanggal 15 Juli hingga 17 Juli 20131. Kemarin (18/6), tidak kurang dari 400 Wakasek Kesiswaan dari jenjang SMP hingga SMA mengikuti pembekalan pelaksanaan terkait LOS dalam rangka penerimaan peserta didik baru serta menyambut tahun ajaran baru 2013.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Ikhsan membuka secara resmi pembekalan tersebut. Ikhsan menghimbau para Wakasek Kesiswaan bersama para pengurus OSIS untuk menyiapkan masa orientasi sekolah (MOS)atau yang lebih di kenal dengan nama OSPEK yang pada tahun ini berganti nama menjadi layanan orientasi sekolah (LOS). Penggunaan kalimat LOS bertujuan untuk menghilangkan stigma negatif dikalangan siswa dan masyarakat yang selama ini identik dengan perploncoan.

Lebih lanjut, Ikhsan menjelaskan bahwa ada empat hal yang menjadi titik berat dalam LOS. Diantaranya, membuat lingkungan sekolah menjadi nyaman dan menyenangkan bagi siswa baru, menyiapkan kegiatan secara serentak (student movement) baik itu kegiatan pelestarian lingkungan, sosial, dan kegiatan-kegiatan lain yang positif, kemudian dalam LOS ini nanti para siswa baru akan dibekali pengetahuan tentang penggunaan internet yang sehat, kreatif dan inovatif serta adanya lomba antar sekolah melalui dunia maya. Bahkan, akan ada perlombaan sekolah-sekolah untuk membuat yel-yel sekolah/flashmob yang akan diunggah ke media sosial guna dinilai masyarakat.

Sementara itu, Adri Suyanto pembicara yang sekaligus seorang motivator dalam pelatihan pembekalan LOS ini mengungkapkan bahwa saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan internet sudah tidak asing lagi di kalangan pelajar Surabaya. Oleh karena itu, para siswa baru nanti akan di bekali dengan pengetahuan penggunaan internet yang sehat, kreatif dan inovatif.

Ia menambahkan, penggunaan media sosial yang sehat, kreatif dan inovatif salah satunya dengan cara membuat kalimat-kalimat yang bertujuan untuk membangun kecintaan siswa terhadap orang tua, lingkungan, serta pada sekolah masing-masing.(Di upload oleh Yanuar Yudha : sumber surabaya.go.id)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar