Liburan ...Tidak harus mahal

KIM Swaraguna/Surabaya - Kalau Anda ingin bisa berlibur tanpa mengeluarkan banyak uang, di sini ada beragam pilihan aktivitas yang dapat Anda jalani bersama keluarga. Seru dan bermanfaat, lho. Mari simak.
1.       Jika Anda dan keluarga hobi berolahraga, inilah saatnya berkunjung ke tempat-tempat olahraga. Misalnya lapangan tenis atau kolam berenang. Saat ini ada banyak tempat olahraga yang menawarkan paket hemat yang harganya tentu saja di bawah harga normal. Manfaatkan kesempatan ini untuk menjadikan diri lebih bugar dan anggota keluarga lebih akrab. Anda juga dapat mengunjungi taman di dekat rumah bersama si kecil sambil berkeliling naik sepeda, lalu dilanjutkan bermain bulu tangkis atau sepak bola, atau yang lainnya. Hari Bebas Kendaraan Bermotor di beberapa ruas jalan kota pun bisa dimanfaatkan sebagai sarana berolahraga. Saat ini sudah banyak di bangun Taman Kota yang cantik dan representative bagi warga kota dan tentunya GRATIS. Bahkan terdapat berbagai fasilitas penunjang seperti WIFI, jogging track. Refleksi kaki serta playground buat buah hati anda.
2.       Bagi pecinta sejarah, ajaklah anak-anak mengunjungitempat-tempat bersejarah, seperti museum atau monumen. Museum tidak lagi identik dengan hal-hal serius. Kini ada banyak program menarik di museum yang ditujukan bagi anak-anak. Selain itu, ada juga museum-museum yang pastinya akan menarik bagi anak. Contohnya Museum Layang-layang yang terletak di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan.
3.       Mempelajari suatu keterampilanjuga bisa dijadikan pilihan.Cobalah mempraktikkan resep-resep di buku masakan atau majalah. Ajak anak mengaduk adonan dengan mikser atau menghias kue. Tidak perlu takut kotor. Semakin kotor malah semakin seru. Anda juga bisa mempraktikkan keterampilan-keterampilan yang dimuat dalam rubrik “Bonus” majalah Sekar. Mudah, praktis, dan menyenangkan.
4.       Andadan keluarga penggemarfilm? Adakanlah ajang “Malam DVD” di rumah. Buatlah daftar film-film yang akan ditonton selama beberapa minggu, bisa film baru maupun lama. Misalnya minggu ini menonton film kesukaan si Kakak, minggu depan bisa giliran si Adik. Siapkan camilan untuk dinikmati bersama-sama. Untuk mendapatkan nuansa baru, sesekali ajak anak-anak dan suami menonton di bioskop.
5.       Jika tidak ingin berlibur di luar rumah, Anda dapat memanfaatkan halaman belakangsebagai tempat berkemah. Buatlah tenda sederhana yang muat menampung semua anggota keluarga. Jangan lupa siapkan kudapan dan aktivitas untuk dilakukan bersama-sama. Anda bisa membaca buku cerita, bermain tebak-tebakan, bernyanyi, dan masih banyak lagi. Kalau halaman di rumah tidak mencukupi, buat saja tendanya di ruang keluarga. Lengkapi bagian dalamnya dengan matras, bantal, dan selimut, ya.
8.       Berlibur juga bisa dilakukan dengan mengunjungi kerabat yang sudah lama tak ditemui. Lebih asyik lagi kalau kerabat ini memiliki anak yang usianya sepantar dengan anak kita. Jadi mereka bisa bermain bersama. Bawalah hidangan andalan Anda dari rumah. Sambil bersilaturahmi dengan saudara, Anda dapat saling bertukar resep.
9.       Biasanya di hari libur atau akhir pekan, diadakan banyak acara pameran atau pertunjukan lain untuk umum. Ada juga yang harga tiketnya masuknya cukup murah dan bahkan gratis. Ada pameran foto, lukisan, tanaman dan hewan, kerajinan tangan, dan macam-macam. Pengumuman serta jadwal pameran dan pertunjukan ini biasanya dimuat di media massa lokal. Jadi, jangan lupa memeriksanya, ya.

PERENCANAAN JUGA PENTING
Liburan bersama keluarga memerlukan perencanaan matang. Sebelum memutuskan berlibur, pertimbangkanlah:
Lokasi tujuan. Sebisa mungkin lokasi yang dipilih tidak terlalu jauh dari rumah.
Kegiatan yang dilakukan. Seperti yang sudah disebutkan, manfaatkanlah paket-paket promosi atau paket hemat. Murah, namun tetap menarik.
      Jumlah orang yang ikut. Semakin banyak orang, tentu semakin banyak dana yang harus disiapkan.
      Jumlah uang yang harus disediakan. Buatlah bujet khusus untuk ini.
      Waktu yang tepat. Pastikan Anda dan keluarga tidak dalam keadaan sibuk atau sedang mengerjakan kegiatan lain.
      Kendaraan yang digunakan. Kalau menggunakan kendaraan pribadi, Anda harus mengisi bahan bakar dan menyiapkan uang untuk parkir, namun bisa lebih cepat sampai. Dengan kendaraan umum, Anda bisa lebih santai karena tidak harus memikirkan kerepotan lalu lintas, tetapi rutenya lebih berliku.
      Makanan yang akan dikonsumsi. Tentu lebih hemat membawa bekal. (di posting oleh Yanuar Yudha)

Jogging Track kebun Bibit Wonorejo

Playground kebun Bibit Wonorejo

Mini Dermaga kebun Bibit Wonorejo

Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

2 comments:

  1. Anonim13.29

    Kebut Bibit Wonorejo.....
    http://www.rt8margodadi.16mb.com/index.php/berita/lan-lain/338-kebun-bibit-wonorejo

    BalasHapus
  2. tq atas kunjungannya mas brow....sukses terus yak.....

    BalasHapus