Sungai Gunung Anyar Kidul Di Serang Eceng Gondok


KIM Swaraguna /Gunung Anyar - Tiap kali sehabis hujan deras sungai Gunung Anyar Kidul yang terletak di perbatasan Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo ini selalu mendapatkan kiriman eceng gondok. Parahnya eceng gondok yang melintasi sungai ini selalu tersangkut di bawah jembatan sehingga mengakibatkan penumpukan tanaman ini secara berlebihan. Jika tidak segera di atasi di pastikan akar dari tanaman ini akan menancap di dasar sungai dan mengakibatkan pendangkalan.
Kiriman eceng gondok ini berasal dari Kelurahan Rungkut Menanggal dan sekitarnya. “kalau tidak segera di bersihkan , khawatir banyak sampah juga yang nyangkut, kalau sudah begitu biasanya timbul bau menyengat” tutur warga yang tinggal di sekitar sungai tersebut.
Terkadang ada beberapa orang yang mengambil batang eceng gondok tersebut untuk di buat kerajinan anyaman tetapi karena jumlahnya yang terlalu banyak masih banyak juga yang tertinggal di sungai. Tak ingin sungai ini menjadi rusak warga mulai berinisiatif untuk membersihkannya. Dengan menggunakan perahu dan galah bamboo panjang warga berusaha untuk membersihkan sungai Gunung anyar Kidul ini dari eceng gondok. (di tulis oleh Yanuar Yudha)   
Warga membersihkan eceng gondok

Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar