PPDB Surabaya 2013 , Saatnya kita melek Internet

KIM SWARAGUNA/SURABAYA - Di tahun ajaran baru tahun 2013 ini, peserta siswa didik yang akan mendaftar ke sekolah baru benar-benar di buat sedikit “berkeringat” oleh sistem yang baru. Bukan hanya peserta didik, bahkan para orang tua juga di buat kelimpungan dibuatnya. Bahkan tidak sedikit orang tua yang akhirnya melakukan protes kepada dinas pendidikan kota akibat kesalahan system ataupun ketidak tahuan-nya.

Memang di tahun ini Pemkot Surabaya mengajak semua kalangan untuk melek teknologi khususnya Internet. Mulai dari pengurusan ijin usaha sampai musim pendaftaran sekolah ini semuanya di lakukan secara online. Masalahnya tidak semua siswa ataupun para orangtua yang paham akan dunia “per-online-an” atau biasa di sebut gaptek (gagap teknologi) sehingga menjadi kesulitan tersendiri bagi mereka. Awalnya, banyak dari mereka yang mungkin kesulitan, jangankan internet pegang computer saja ada yang belum paham.

Kalau bukan sekarang kapan lagi…???, inilah yang di terapkan oleh pemkot Surabaya. Tidak jamannya lagi para orangtua/siswa antri bergerombol hanya untuk mendaftar sekolah di zaman sekarang waktu adalah segalanya, coba bayangkan berapa lama waktu yang di buang hanya untuk antri di sekolah pada waktu pendaftaran sekolah zaman dahulu kala. Teknologi sudah tersedia, informasi sudah luas,fasilitas Internet-pun sudah bukan barang yang “wah” sehingga sudah bisa di akses dari manapun dengan hanya bermodal modem ataupun hp keluaran negeri china yang harganya tidak sampai Rp 200.000-pun kita sudah bisa menikmati internet, bahkan pemkot sudah banyak memasang hotspot wifi di tempat2 umum sehingga kita bisa meng-akses internet secara gratis. Warnet sudah bukan tempat yang aneh lagi sekarang, keberadaannya manjamur bak cendawan di musim hujan bahkan kadang di manfaatkan oleh para abg untuk berbuat hal-hal yang negative. Jadi sudah bisa di bilang internet adalah hal yang sudah umum di Surabaya ini, hanya saja perlu pem”biasaan” agar kita bisa terbiasa melakukannya.

Dalam suatu kesempatan walikota Surabaya Tri Rismaharini berulangkali mengatakan sekarang ini zamannya online jadi jangan ada warga yang masih gaptek. Saat inipun semua instansi pemkot sudah menerapkan system online sehingga meminimalkan penggunaan kertas. Inilah yang di terapkan Pemkot Surabaya kepada seluruh warganya. Memang kesannya ada pemaksaan kepada masyarakat, tapi memang itu harus dilakukan. Merubah kebiasaan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan tetapi bila tidak dilakukan kita akan tertinggal jauh dengan Negara lain yang sudah melek teknologi.

Dengan adanya PPDB 2013 yang full online ini kita benar-benar di paksa untuk melek akan internet. internet bukan barang yang mewah, internet adalah teknologi yang bisa membuat usaha kita jadi mudah. Jadi mulalah belajar internet karena kedepan semua teknologi yang ada akan berbasis pada teknologi internet.(di tulis oleh Yanuar Yudha)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar