Tips Pakai Google Maps Saat Mudik

KIM Swaraguna/Surabaya - Mudik ke kampung halaman sudah menjadi tradisi tahunan setiap menjelang lebaran. Walaupun banyak pilihan, namun rata-rata dari mereka yang akan mudik lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun sepeda motor. Hal ini di keraenakan mobil pribadi masih menjadi pilihan yangpraktis, karena pastinya setelah berada di kampung halaman kita pastinya berkunjung ke sanak-saudara untuk ber-silaturahmi.
Untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi pada saat mudik, jangan lupa dipersiapkan dengan matang kondisi fisik kendaraannya. Bisa di pastikan jumah kendaraan tahun ini meningkat daripad a tahun yang lalu, jadi kemacetan adalah hal “biasa” yang akan anda temui sepanjang perjalanan.
Jangan lupa bekal yang cukup karena perjalanan akan menembuph waktu yang semakin lama. Yang biasanya jarak antar kota bisa di tempuh selama 3 jam, mungkin akan menjadi 2 kali lipatnya.

Persiapan lain yang penting dilakukan adalah rute atau jalur mana yang akan dilalui. Jika kesulitan membaca peta mudik yang konvensional, kini ada cara yang lebih modern, yakni mengandalkan fitur Google Maps yang tersemat pada Smartphone.

Dengan begitu, akan lebih memudahkan Anda dalam menentukan rute perjalanan lebih praktis dan efektif.

Berikut tips memanfaatkan Google Maps untuk menemani mudik Anda:

1. Cari jalan yang paling nyaman untuk menuju tempat tujuan
Pergi/pulang pada saat arus mudik dapat memakan waktu yang lama oleh karena itu ada baiknya jika Anda melakukan perencanaan dan membiasakan diri dengan rute yang akan dilalui terlebih dahulu.

Perencanaan dapat dimulai dengan mencari jalan menuju tempat tujuan, kemudian carilah rute alternatif yang dapat anda gunakan jika jalanan macet atau ada kecelakaan dijalan.

Hal ini dapat menghemat waktu di perjalanan. Untuk mengurangi resiko kendaraan mogok, Anda juga dapat melihat jarak yang akan ditempuh untuk estimasi berapa banyak bahan bakar yang dibutuhkan kendaraan.

Informasi ini dapat ditemukan dengan mudah melalui Google Maps. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Google Maps untuk memberikan informasi kepada anggota keluarga.

Coba sekarang: ketik rumah Anda (misalnya : Rungkut-surabaya) lalu pilih lokasi yang dituju (misalnya : Magetan), maka rute perjalanan dan jarak tempuh yang anda butuhkan akan tampil di layar. Anda dapat melihat alternatif jalan hanya dengan klik dan menarik ke bawah/atas rintas jalan yang telah dipilih, hingga rute alternatif langsung tampak di layar ponsel. Setelah itu, simpan penemuan anda dan sebarkan informasi tersebut ke keluarga anda.

2. Cari informasi mengenai segala kebutuhan perjalanan
Dalam merencanakan perjalanan anda, ada baiknya jika anda mencari informasi tentang tempat peristirahatan yang dapat anda kunjungi ketika mengantuk saat berkendara, penginapan terdekat jika anda ingin beristirahat, restoran atau SPBU yang berlokasi di sepanjang perjalanan anda.

Coba sekarang : Anda dapat klik kanan pada rute perjalanan yang ada di Google Maps anda dan klik “what’s here”, lalu ketik tempat yang ingin anda ketahui (misalnya : SPBU). Secara otomatis, Google Maps akan menunjukkan SPBU yang sejalan dengan rute perjalanan anda, lengkap dengan nama SPBU serta alamat.

Anda juga dapat klik “what’s where”, lalu ketik restoran yang ingin anda kunjungi (misalnya: restoran Padang), Google Maps akan menunjukkan restoran Padang yang ada disepanjang jalan anda, lengkap dengan alamatnya.

3. Catat semua penemuan anda di My Places
Anda dapat menyimpan tempat-tempat menarik mulai dari tempat wisata hingga restoran yang ditemui dengan menggunakan Tempatku (My Places). Selain menyimpan kenangan anda, anda juga dapat membagikan informasi mengenai tempat-tempat tersebut ke keluarga dan teman Anda. (di tulis oleh Yanuar Yudha: info dari berbagai sumber)

Share on Google Plus

About Kim Swaraguna

0 comments:

Posting Komentar