Usia 16 Tahun Bisa Rekam Data e-KTP, Diberikan di Usia 17 Tahun

Mulai Senin (22/7), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya selenggarakan Perekaman e-KTP di SMAN Komplek.
Pada hari pertama kemarin, SMAN 1 Surabaya menjadi tempat pertama penyelenggaraan kegiatan ini.

Ada kebijakan baru yang diterapkan, yakni siswa yang masih berusia 16 tahun sudah bisa melakukan perekaman e-KTP. Kepala Dispendukcapil, Suharto Wardoyo menuturkan bahwa kegiatan perekaman di sekolah ini bertepatan dengan imbauan dari Kementrian Dalam Negeri bahwa anak usia 16 tahun dapat diikutkan dalam perekaman e-KTP.
Syarat yang harus dipenuhi siswa hanyalah diminta menunjukkan Kartu Keluarga (KK) setelah itu diperbolehkan melakukan perekaman data.

Dengan adanya kebijakan baru tersebut, Dispendukcapil pun melakukan sosialisai ke sekolah-sekolah lainnya. Nantinya, e-KTP siswa berusia 16 tahun yang sudah melakukan perekaman sekarang, e-KTP akan dicetak dan dikirim kepada yang bersangkutan setelah usianya 17 tahun. Pengiriman akan dilakukan melalui kecamatan masing-masing.
Hal ini juga sebagai bentuk percepatan kepemilikan identitas kependudukan.

Adapun sekolah yang akan dituju setelah SMAN 1 secara berurutan antara lain: SMAN 2, SMAN 9, SMAN 5, SMAN 6, SMAN 4, SMAN 7, dan SMKN 8.(di upload oleh Yanuar Yudha, sumber:surabaya.go.id)
Share on Google Plus

About Kim Swaraguna

2 comments:

  1. kenapa ya hingga februari 2014 ini e-KTP saya belum jadi? ada saran tidak kira-kira harus kemana saya bertanya?

    BalasHapus
  2. Proses E-KTP memang wewenang dari pemerintah pusat, pemerintah daerah hanya bertugas sebagai media pendata dan perekaman, untuk lebih jelasnya bisa di cek di kelurahan masing-masing.

    BalasHapus