Cuaca Gunung Anyar Siang Hari Mencapai 45 Derajat

KIM Swaraguna/Gunung Anyar - Panasnya udara di Surabaya mencapai puncaknya. Di gunung anyar sendiri bahkan thermometer suhu di dalam rumah bisa mencapai 37oC . Badan Meteorologi dan Geosfisika (BMG) Maritim Tanjung Perak Surabaya mencatat suhu udara di luar ruangan bisa  mencapai 45 derajat Celcius.

Bila kita amati saat ini waktu siang hari lebih panjang dari pada malam hari, jam 5 pagi cuaca sudah sangat terang hingga pukul 5 sore masih terasa terang, baru pada kul 6 berangsung-angsur gelap. Hal ini juga memicu cuaca yang sangat menyengat di wilayah Gunung Anyar, pada pukul 9 pagi terik panas matahari sudah terasa sangat menyengat.

Panasnya udara disebabkan posisi matahari berada di atas kota Surabaya, tepat berada di posisi 32 derajat lintang selatan. Warga Surabaya memang merasakan udara panas dalam beberapa hari ini. Menurut mereka kondisi itu lebih panas jika dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Sementara itu, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi dan Geofisika Bandara Juanda Surabaya Endro Cahyono mengatakan, suhu ekstrim beberapa hari terakhir juga mempengaruhi penerbangan pesawat. Pengaruh suhu panas terutama terjadi pada bahan bakar pesawat sehingga menjadi boros.

"Saat suhu panas seperti ini massa udara di sekitar bandara menjadi ringan sehingga pesawat memerlukan landasan lebih panjang untuk take off dan berdampak pada bahan bakar lebih banyak pula," kata Endro.

Warga surabaya diminta waspada terhadap penyakit kulit dan Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) yang kerap menyerang di saat udara panas. Warga juga diminta memperbanyak minum air untuk menghindari dehidrasi.(di upload oleh Yanuar Yudha)
Share on Google Plus

About Kim Swaraguna

0 comments:

Posting Komentar