Surabaya Hubungkan bandara Juanda dengan Jembatan Suromadu

KIM Swaraguna/Gunung Anyar - Kawasan Surabaya Timur tidak hanya akan memiliki Middle East Ring Road (MERR) II-C. Ke depan kawasan tersebut juga mempunyai jalan lingkar luar timur. Tahun ini pembuatan detail engineering design (DED) diharapkan tuntas dan selanjutnya bersiap membebaskan lahan.
Proyek jalan lingkar luar timur merupakan proyek besar, selain frontage road Jalan A. Yani, jalan lingkar luar barat, dan lingkar dalam barat.
Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Erna Purnawati menyatakan, butuh persiapan matang dalam melaksanakan proyek tersebut. ''Sekarang masih proses (DED, Red),'' ujarnya.
Jika tahun ini perencanaan tuntas, tahun depan pihaknya membebaskan lahan sepanjang 18 kilometer. Cukup banyak lahan yang bakal dibebaskan. Namun, Erna belum bisa menyebutkan lebih detail.
Jika perencanaan selesai, akan diketahui jumlah persil yang dibebaskan dan lahan mana saja yang terkena pembangunan. Setelah DED rampung, pihaknya akan berkoordinasi dengan camat serta lurah guna persiapan pembebasan lahan.
Jalan lingkar luar timur akan melintasi lima kecamatan. Mulai Kecamatan Bulak, Mulyorejo, Sukolilo, Rungkut, hingga Gunung Anyar. Proyek tersebut akan tersambung dengan wilayah Sidoarjo di kawasan Tambak Oso, Kecamatan Waru. Kawasan itu merupakan akses menuju Bandara Juanda. Jalan ini nanti akan menghubungkan Jembatan Suramadu dan Bandara Juanda. ''Peran camat dan lurah pun sangat besar dalam memuluskan rencana tersebut,'' kata Erna.
Rencana pembangunan jalan baru itu disambut positif pengembang perumahan di kawasan Surabaya Timur. Bahkan, Pakuwon City sudah membangunan akses yang akan tersambung dengan jalan lingkar luar timur tersebut. Masyarakat pun mulai melintas di jalan yang membentang mulai samping pintu gerbang Kenjeran Park (Kenpark) hingga tembus kompleks perumahan elite itu.
Kawasan Gunung Anyar sendiri saat ini masih berkutat dengan alotnya negoisasi dengan warga untuk pembebasan terusan jalan Merr IIC. Di harapkan tahun ini pembangunan terusan Merr IIC ini bisa segera tuntas dan segera berkonsentrasi dengan pembangunan Jalan Lingkar Luar Timur yang menghubungkan Bandara Juanda dan jembatan suromadu. (sumber JPNN)
Share on Google Plus

About Kim Swaraguna

0 comments:

Posting Komentar