Gunung Anyar Terguyur Abu Vulkanik

KIM Swaraguna/Gunung Anyar - Seperti yang sudah di ketahui bersama bahwa Gunung Kelud sudah memulai erupsinya pada Kamis malam pukul 22.50 wib. Letusan kali ini lebih besar daripada tahun 1990, tinggi letusan sampai 10km, debu vulkanik mencapai pada radius 25km bahkan di perkirakan bisa lebih jauh lagi.
Seperti yang hari ini terjadi di kawasan Gunung Anyar Surabaya, pada pagi dini hari sekitar pukul 01.00wib guyuran abu vuklanik sudah mulai turun dan bertambah intensitasnya menjelang fajar lalu berangsur-angsur reda pada siang hari. Mataharipun sampai siang tadi masih tertutu oleh pekatnya debu dari Gunung Kelud tersebut.
Pagi hari ini terlihat banyak warga membersihkan halaman rumahnya dari selimut debu tipis Gunung Kelud. “waktu buka pintu rumah seluruh halaman dan tanaman sudah tertutup debu warna abu-abu” tutur salah satu warga kepada Swaraguna.
Menanggapi guyuran abu vulkanik ini Walikota Surabaya Tri Rismaharini memerintahkan seluruh SKPD untuk langsung turun ke jalan untuk membagikan masker gratis kepada warga. Di kecamatan Gunung Anyar seluruh jajaran perangkat kecamatan turun ke jalan untuk membagikan masker. “Pagi hingga sore tadi kami melakukan pembagian masker di sekitar Merr dan jalan abdul karim” jelas Rury Damayanti salah seorang staff dari kecamatan Gunung Anyar.(Yanuar Yudhatama)

Matahari Tertutup Abu Vulkanik

Tanaman Warga berselimut debu
Share on Google Plus

About Kim Swaraguna

2 comments:

  1. benar, pak. sepeda motor yang baru saja saya keluarkan di pagi hari langsung tertutup abu.

    BalasHapus
  2. Untung langsung hujan ya pak....jadinya langsung bersih

    BalasHapus