Jurus Ampuh Lolos SNMPTN 2014


1.   Ketahui Minat, Bakat dan Kemampuan mu
Minat yang muncul dari hati . Ini bukan sekedar keinginan biasa, minat itu tidak didasarkan pada ikut-ikutan teman, atau pilih-pilih prodi yang lagi nge-trend saat ini.  Minat harus didasarkan pada rasa cinta yang tulus kepada bidang yang akan di masuki . Yang kedua bakat, yaitu kecenderungan pada bidang-bidang tertentu secara spesifik.  

Ketiga kemampuan, pastikan bahwa prodi yang diminati itu bisa kamu kuasai dengan risiko kesulitan terkecil. Sesuaikan dengan kemampuan. 


2. Ketahui Daya Juang Nilai mu
Ketahui daya juang nilai. Pastikan kalau prodi itu punya standar sendiri dalam menentukan siapa-siapa yang bakal lolos SNMPTN. Tentu, semakin tinggi nama prodi maka semakin tinggi maunya. Contohnya aja kedokteran sama keguruan, jelas kedokteran butuh nilai yang tinggi abis ketimbang keguruan. 

Hanya kamu-kamu yang katakanlah nilainya dan kecerdasannya tinggi yang diperbolehkan masuk prodinya. Kalian bisa mengira-ira sendiri seberapa besar level prodi yang diambil. Tapi, alangkah baiknya kalian dapatkan informasi "kira-kira" itu di bimbel-bimbel terpercaya didekat tempat tinggalmu sekarang. 


3. Ketahui Biayanya dan Kemampuan Finansial Ortu mu
Yang satu ini sepatutnya bisa kalian pertimbangkan. Bagi yang merasa ortunya kaya raya sih ngga masalah kalau mau ngambil apapun prodinya. Biaya pendidikan waktu saya dulu namanya SPP tetapi mulai tahun 2013 istilahnya diganti menjadi UKT (Uang Kuliah Tunggal), penjelasannya nanti saya jelaskan di post saya yang membahas tentang UKT. UKT lebih mahal dibanding SPP jadi jangan kaget kalau baru masuk saja kalian harus bayar relatif lebih dari 10 juta. Kembali lagi, kalau uang sebanyak itu bukan hasil kerja payahmu, jelas yang menjadi sandaran itu ortumu.

Lakukanlah diskusi untuk masalah ini dengan mereka (ortumu), biar ketemu jalan terbaik nantinya. Kasihan, ingatlah biaya yang dikeluarkan ortumu bukan hanya untuk keperluan kuliahmu saja. nah, Untuk lebih jelas lagi tentang UKT akan saya jelaskan lebih detail tentang UKT di posting lainnya.

4. Ketahui Peta Persaingan (IDS) dan Persaingan Teman Disekolah mu
Bahasan lengkap tentang IDS bisa kamu baca di post saya tentang Indeks Daya Saing (IDS). oke, singkatnya IDS adalah perbandingan jumlah peminat SNMPTN di tahun lalu (yaitu tahun 2013) dibandingkan dengan jumlah kursi yang disediakan di tahun 2014. Dengan mengetahui IDS kamu bisa dengan leluasa memperkirakan seberapa ketat persaingan untuk masuk di prodi yang dipilih.

Sedangkan persaingan teman di sekolah ini sangat penting. Sekarang bukan jamannya ikut-ikutan teman untuk memilih prodi yang sama. Sebab jika itu dilakukan maka artinya kamu akan bunuh diri, whats? Iya that's true, bunuh diri karena PTN itu relatif tidak akan menerima lebih dari 1 siswa dalam satu jalur. Hal ini nyata-nyata pernah terjadi saat saya PMDK (istilah SNMPTN di tahun 2007) dulu. Jika ada, berarti ada kemungkinan kerja sama atau memang sekolah sudah dipercaya PTN atas prestasi siswanya di prodi yang bersangkutan.

5. Ketahui peluang kerja prodi Di Masa Sekarang dan yang Akan Datang
Peluang kerja terkadang menjadi salah satu pertimbangan ketika memilih prodi. Tapi, menurutku jangan terlalu dipusingkan ya, karena kamu musti yakin rejeki, jodoh, dan mati ada di tangan Tuhan. Banyak ceritanya ada orang yang kerja tidak sesuai dengan prodinya waktu kuliah. Anak tata boga toh bisa menjadi jadi bos di sebuah perusahaan jasa keuangan ternama misalnya, so enjoy aja kalau memilih prodi. 

Memang alangkah baiknya kita bisa kerja secara linier, biar ilmunya yang dibayar mahal saat kuliah nanti ngga berlalu percuma. Tipsnya ya carilah informasi peluang kerja secara jelas dan lengkap mungkin dari prodi itu. Bisa dari internet, atau alumni yang pernah kuliah di prodi itu. atau ikuti trend jenis pekerjaan apa yang mungkin bakal booming di waktu nanti ketika kalian telah mengenakan baju kebesaran wisyudah dan dinyatakan sebagai sarjana. 

6. Ketahui Peta Sebaran Alumni Sekolah di PTN
Punya kakak kelas yang kebetulan diterima sama dengan prodi yang kamu akan pilih? Beruntunglah kamu, karena faktor ini disinyalir juga menjadi salah satu faktor pendukung siswa lolos SNMPTN. Ibaratnya nih kamu sedang naik gunung dan jatuh terpeleset, kakak kelasmu akan mengulurkan tangannya memberikan bantuan.Iiiih, so sweet ya. Mengapa demikian? Kakak kelas merupakan aset sekolah yang sukses masuk PTN, PTN sendiri suka kalau sekolah rajin mengirimkan siswanya di prodi yang sama, karena bisa menandakan keberhasilan sekolah mencetak siswa berprestasi di bidang itu.


7. Ketahui Pola Penerimaan SNMPTN Berdasarkan Prodi yang Dipilih 


Setelah kamu memahami 6 tips di atas, sekarang saatnya memilih. Pilihlah prodi yang menurutmu memenuhi 6 kriteria di atas en so pasti kamu perlu mengetahui cara memilihnya serta cara menentukan urutan pilihan prodi.
Share on Google Plus

About Kim Swaraguna

0 comments:

Posting Komentar