Tri Rismaharini Walikota Terbaik Dunia Bulan Februari

Pada bulan Februari ini walikota Surabaya Tri Rismaharini mmendapatkan penghargaan sebagai walikota terbaik di antara seluruh walikota di dunia ini. Penghargaan itu di berikan oleh City Mayor Foundation. Menurut World Mayor, Risma mendapat simpati publik sejak menjabat sebagai wali kota pada 2010 lalu. Setiap bulannya City Mayor Foundation memilih kepala daerah terbaik. Pada bulan Februari 2014 ini, City Mayor Foundation menobatkan Risma. Demikian dikutip dalam situsnya yang dirilis pada 5 Februari 2014

Dia berhasil membujuk pemerintah Indonesia agar terus menggarap proyek pengembangan Pelabuhan Surabaya yang mangkrak selama dua dekade belakangan ini. Sejak dikembangkan itu, keuntungan Pelabuhan Surabaya mengalami peningkatan hingga 200 persen.

Sebelum menjabat sebagai wali kota, Risma yang juga seorang arsitektur itu lebih dulu memimpin Dinas Pertamanan Kota Surabaya, di era Wali Kota Bambang Dwi Hartono. Waktu itu Risma aktif meremajakan taman kota dan mengubah wajah plot terlantar menjadi ruang hijau. Surabaya pun akhirnya dikenal sebagai kota sejuta taman.

Berikutnya jabatan Risma naik menjadi Kepala Badan Perencanaan Kota (Bapeko). Hingga akhirnya, dia diusung PDIP menjadi wali kota berpasangan dengan Bambang DH pada 2010 lalu. Risma langsung membuat kebijakan mengubah sebagian besar lahan kosong menjadi ruang terbuka hijau.

Di Surabaya, sekarang ada sebelas taman besar dengan tema berbeda. Ada taman seperti Friendship Park (Taman Persahabatan), Expression Park (Taman Ekspresi), Skating dan BMX Park (Taman Skate & BMX) dan Flora Park (Taman Flora). Taman-taman itu juga menyediakan akses Wi-Fi, termasuk perpustakaan, kebugaran dan fasilitas olah raga lainnya.

Ruang terbuka hijau di Surabaya diperbesar, misalnya area pemakaman sehingga mereka berfungsi sebagai ruang resapan air. Tidak seperti Jakarta, Surabaya kini tidak pernah dilanda banjir serius selama tiga tahun. Risma juga menambah jalur hijau di sepanjang jalan utama dan menciptakan hutan kota. (sumber : citymayors.com)
Share on Google Plus

About Kim Swaraguna

0 comments:

Posting Komentar