Sudahkah Nama Kita Terdaftar Di KPU...?

Kurang dari satu bulan lagi tepatnya tanggal 9 April 2014, sebagai warga negara yang baik kita berkesempatan menggunakan hak pilih dalam pemilu untuk memilih anggota legislatif periode 2014-2019.

Untuk menghindari adanya kekeliruan data sekarang KPU RI telah melaunching sistem informasi daftar pemilih yang tersentralistik, teritegrasi dan bersifat online. Masyarakat tidak perlu jauh-jauh pergi ke kantor kelurahan/kecamatan hanya untuk memastikan apakah nama kita sebagai pemilih sudah terdaftar. Saat ini masyarakat dapat mengecek apakah sudah terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu 2014 melalui website KPU atau http://data.kpu.go.id.

Pertama, kita masuk ke website KPU dengan alamat: http://data.kpu.go.id/dps.php
Lalu kita pilih “Pilihan Wilayah” dengan beberapa pilihan, yaitu:
Provinsi : Jawa Timur
Kabupaten : Kota Surabaya
Kecamatan : Gunung Anyar
Kelurahan : Rungkut Menanggal

Kita bisa melakukan pencarian data kita dengan dua cara, yaitu

1. Per TPS (Tempat Pemungutan Suara), atau 2. Per-orangan.

Jika kita ingin melihat tabel (daftar calon pemilih) per TPS, maka kita isi (pilih) di kolom TPS dengan TPS di mana kita berada. Setelah kita pilih TPS yang akan kita lihat, maka akan muncul daftar pemilih sementara di TPS tersebut, kita tinggal mencermati apakah data kita sudah tercantum atau belum.

Jika kita ingin melihat per-orangan, maka kita bisa mengisi di kolom Masukkan NIK dengan Nomor Induk Kependudukan yang ada di KTP, atau kita bisa mengisi nama kita saja di kolom Masukkan Nama.
Setelah memasukkan data kita tadi, kita klik kolom Cari, maka di baris berikutnya akan muncul data kita (bila sudah terdaftar). Bila tidak tercantum (belum terdaftar), segera hubungi Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa atau kelurahan masing-masing untuk mendaftarkan diri. (Yanuar Yudhatama-sumber kpu.go.id)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar