Surabaya Raih Predikat Kota Terkaya se-Indonesia

KIM Swaraguna/Surabaya - Kota Surabaya mendapat predikat Kota Terkaya 2014 di Indonesia. Predikat tersebut disematkan oleh majalah Warta Ekonomi edisi 7, April 2014. Surabaya berada pada urutan pertama dari 50 kota dan kabupaten se-Indonesia. Surabaya telah mengalahkan Kabupaten Kutai Kartanegara yang sering digadang-gadang sebagai kabupaten/kota terkaya.

Mari Elka Pangestu,Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) sebagaimana dikutip dari Warta Ekonomi mengatakan, banyak investor dari sektor perhotelan berkelas dunia berminat dan berekspansi ke Indonesia. Penjelasan tersebut diperkuat oleh data melalui riset mendalam terhadap 491 kabupaten/kota se-Indonesia.

Pemilihan 50 kota terkaya tersebut didasarkan atas pendapatan perkapita di atas Rp 2 Triliun. Dalam daftar hasil riset tersebut, peringkat 10 teratas didominasi kabupaten/kota di luar Jawa. Majalah tersebut berasumsi kebijakan pemerintah yang mendorong pusat-pusat pertumbuhan di luar Jawa.

Riset Warta Ekonomi menyebutkan, Surabaya mendapat angka 3.000 dari indeks Daya Tarik Investasi (20%), 4.000 untuk indeks Pendukung Infrastruktur (10%), 4.500 indeks Kualitas Masyarakat (10%), dan 5.000 indeks Ekonomi daerah (60%).

Pemeringkatan tersebut menggunakan metode skoring skala 1 sampai 5 dan pembobotan masing-masing variabel. Semua variabel memperoleh pembobotan proporsional. Data yang digunakan adalah basis data kompilasi dari BPS dan Kementerian Keuangan periode 2011 hingga 2013. (Yanuar Yudha:sumber Surabaya.go.id)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar