Surabaya Raih Piala Adipura Kencana 2014

KIM Gunung Anyar/Swaraguna - Surabaya mendapat kado manis di usianya yang ke 721. Kado tersebut yaitu Surabaya berhasil meraih penghargaan Adipura Kencana 2014 kategori Kota Metropolitan. Warga Surabaya patut berbangga karena untuk kali ketiga beruntun, Surabaya meraih penghargaan tertinggi bidang lingkungan tersebut.

Keberhasilan meraih penghargaan ini, menurut Walikota Surabaya Tri Rismaharini, merupakan bukti kerja keras seluruh elemen kota Surabaya, terutama peran serta masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih.

Tri Rismaharini, Walikota Surabaya mengatakan, Surabaya telah mendapatkan Adipura Kencana tiga kali. Menurutnya, hal tersebut merupakan kerjasama semua pemimpin yang ada di Surabaya dan masyarakat Surabaya. 

 
“Sebetulnya ini kerja kolektif bukan hanya pasukan kuning, bukan hanya pemerintah saja, masyarakat juga ikut gerak, karena penilaiannya komplit," ujarnya.
 
Tri mengatakan pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo secara maksimal, menjadi kunci keberhasilan pemerintah kota Surabaya dalam meraih Adipura, selain banyaknya sektor yang dinilai oleh Kementerian Lingkungan Hidup.
 
“Jadi lingkungan perumahan juga dinilai, kantor, puskesmas, sekolah, pasar, stasiun, taman, kemudian TPA (tempat pembuangan akhir untuk sampah), semua dinilai, jadi bukan hanya di jalan-jalan itu, jadi TPAnya yang membuat grade kita jauh di atas daerah lain karena TPA kita sudah kita kelola dengan baik, itu yang sekarang Kementerian LH (lingkungan hidup) menjadikan salah satu percontohan di Indonesia untuk pengelolaan TPA," ujarnya. (Yanuar Yudha-sumber:rangkuman media online)

Share on Google Plus

About Kim Swaraguna

0 comments:

Posting Komentar