Mudik Aman Dan Nyaman....

Saat musim mudik tiba, ada yang memilih menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil, namun ada juga yang menggunakan fasilitas umum seperti bis, kapal laut, kereta api ataupun pesawat terbang. Bila kebetulan Anda pergi mudik lebaran dengan menggunakan fasilitas kendaraan umum, maka Anda hanya harus menjaga stamina selama perjalanan dan kerap waspada akan keamanan diri Anda selama perjalanan. Namun bila Anda mudik menggunakan kendaraan pribadi, berikut beberapa tips mudik agar perjalanan mudik Anda aman, lancar dan selamat tiba sampai tujuan.

Istirahat cukup
Bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri, persiapkan fisik dengan istirahat cukup. Bukan hanya itu, mengingat waktu sampai ke tempat tujuan tak dapat di prediksi, sebaiknya ada beberapa anggota keluarga yang siap membawa kendaraan secara bergantian.

Manfaatkan tempat istirahat
Manfaatkan tempat istirahat untuk sekadar melonggarkan otot-otot yang tegang. Anda juga dapat melakukan olahraga kecil gerakan relaksasi, terutama di bagian kaki, tangan, dan leher. Bila tempat peristirahatan menyediakan toilet, jangan menunda buang air untuk menghindari infeksi saluran kemih.

Bekal makanan
Usahakan tidak membeli makanan dan minuman di pinggir jalan yang terkontaminasi debu dan kotoran. Para pemudik dianjurkan untuk membekali diri dengan membawa makanan kering. " Akan tetapi, kalau tetap ingin membawa bekal makanan basah (nasi dan lauk-pauk), sebaiknya tak dikonsumsi kurang dari 6-8 jam setelah pembuatan," kata dr. Ari. 

Sediakan obat
Jangan lupa membawa obat-obatan sederhana, seperti obat anti diare, sakit kepala, anti alergi, obat mag, dan anti mual dan muntah khususnya untuk mencegah mabuk perjalanan.
Bagi penderita penyakit tertentu, seperti hipertensi, diabetes, asma, kolesterol tinggi, dan asam urat sertakan juga obat-obatan yang rutin dikonsumsi. 

Waktu mudik
Bagi para pemudik yang tetap ingin menjalankan ibadah puasa, diusahakan agar perjalanan dilakukan usai berbuka atau malam hari. Selain suhu udara yang lebih dingin, jalur perjalanan juga terasa lebih lengang. 

Kendaraan
Periksa kondisi kendaraan dan pastikan kondisinya prima, mulai dari tekanan ban, oli, saringan udara, aki dan kelistrikan. Bawa sikring (fuse) cadangan bila diperlukan. Sebisa mungkin jangan mudik menggunakan motor karena motor bukanlah alat transportasi jarak jauh, apabila terpaksa menggunakan motor pastikan keamanannya, nyalakan lampu baik siang maupun malam dan jangan berkendara lebih dari 2 orang. 
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar