Wisata Alam Di Kota Surabaya

Musim liburan sekolah sudah tiba. Banyak sekolah yang meng-agendakan perjalanan pariwisata bagi guru dan anak didiknya. Kebanyakan mereka merencanakan pariwisata ke daerah Malang/Batu yang terkenal dengan wisata alamnya.

Sebenarnya di Surabaya ini banyak sekali tempat-tempat wisata yang berbasis alam, selain dekat dengan rumah, biayanya juga murah meriah.

Berikut Swaraguna akan memaparkan beberapa tempat wisata berbasis alam yang ada di daerah Gunung Anyar dan sekitarnya.

1. Mangrove Gunung Anyar
Kondisi geografis Gunung Anyar yang berbatasan langsung dengan laut menciptakan lingkungan mangrove yang cukup asri. Mangrove Gunung Anyar merupakan muara dari sungai kebon agung. Lokasi ini sangat mudah di jangkau dengan kendaraan. Dari Universitas pembangunan Nasional langsung saja menuju ke timur makan akan menemukan lokasi Mangrove ini.
Lokasi mangrove ini memang belum tertata rapi dan terkesan ala kadarnya, tapi justru ini yang menjadi daya tariknya. Faktor alam yang di biarkan tumbuh secara alami sehingga di sini masih bisa kita liat aneka burung dan hewan lainnya.
Di area ini anda bisa langsung menjumpai dermaga kecil dan terdapat beberapa perahu nelayan yang siap mengantarkan anda mengitari mangrove hingga ke laut lepas.

2. Mangrove Wonorejo
Lokasi mangrove ini terletak di kecamatan rungkut yang berbatasan langsung dengan kecamatan Gunung Anyar. Apabila dari Gunung Anyar anda bisa langsung melewati Merr 2C sampai ke arah kampus Stikom terus aja ke timur maka akan menemukan lokasinya.
Meskipun akses menuju lokasi agak sulit karena jalan yang lumayan sempit, tapi ketika sudah sampai disana akan terbayar lunas karena areanya sangat tertata dan terurus dengan rapi. Di tempat ini selain kita bisa berwisata dengan perahu kita juga bisa berjalan di sekitar mangrove yang cukup sejuk, ga perlu takut kaki kotor karena sudah di bangun walking zone dari kayu yang cukup cantik, bahkan bisa menjadi objeck foto yang cukup indah.


3. Kebun Bibit Wonorejo
Dari beberapa tempat wisata di Kota Surabaya ini lokasi kebun bibir Wonorejo ini bisa di bilang yang paling asri dan sejuk untuk ukuran kota Surabaya. Sebuah danau besar menjadi paru-paru bagi lokasi ini dan menjadi area favorit pengunjung. Bagi yang membawa anak/adik kecil jangan khawatir lokasi ini sudah di bangun banyak sekali wahana permainan untuk anak. Tiket masuk...? ”Rp. 0”, bahkan parkir kendaraan gratis.


4. Taman Flora Bratang
Pada awalnya lokasi ini adalah kebun bibit sebelum kebun bibit di pindahkan ke wonorejo. Terletak di sebelah terminal bis dan angkot daerah bratang menjadikan taman ini oase di tengah asap kendaraan bermotor. Taman ini terbilang cukup lengkap mulai playground anak sampai beberapa binatang di tempatkan di sini , seperti aneka burung dan rusa. So....buah hati anda di jamin tidak akan bosan apabila berada di tempat ini.


5. Pantai Ria Kenjeran
Pantai Ria Kenjeran termasuk tempat wisata paling favorit bagi warga surabaya, karena merupakan satu-satunya pantai yang ada di kota surabaya. Sayangnya air laut yang ada di pantai ini berwarna keruh dan sedikit kotor. Tapi jangan khawatir pantai bukan menjadi daya tarik utama di sini. Di kenjeran ini pemkot surabaya membangun berbagai wahana yang menarik seperti kya-kya yang merupakan pusat jajanan surabaya, wahana balap motor/drgas race. Beberapa bangunan di dalamnay di bangun penuh warna seperti istana di film kartun anak-anak wahan permainan anak juga tersedia di sana. ”Tempat mesum” jangan khawatir...... sudah hilang dari kenpark, yang ada sekarang adalah wahana yang aman dan nyaman buat keluarga.(Yanuar Yudha)

Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar