Dinkominfo Gandeng Dinkes Sosialisasi HIV-AIDS


Dinkominfo Gandeng Dinkes Sosialisasi HIV-AIDS

KIM Gunung Anyar/Swaraguna – Hari Rabu 15/10/2014 Dinkominfo Kota Surabaya kembali menggelar pembinaan KIM. Pada acara kali ini terasa sangat berbeda karena selain anggota KIM dari kecamatan di undang pula wakil dari kecamatan, Dinas kesehatan Kota Surabaya serta KPA (Komisi Penanggulangan Aids).

Basuki Rijanto, Kepala Seksi Kelembagaan dan Komunikasi Dinkominfo Surabaya dalam sambutannya mengatakan bahwa, di era modern ini informasi merupakan hal penting karena dengan adanya informasi kita bisa menguasai segala hal. Saat ini sudah saatnya masyarakat melek informasi, oleh karena itulah para (KIM) Kelompok Informasi Masyarakat baik yang ada di kecamatan maupun kelurahan untuk bisa bersinergi dengan kelompok-kelompok yang lain untuk berbagi informasi dan menyebarkannya ke masyarakat. Dalam kesempatan kali ini beliau juga menyampaikan bahwa untuk lomba LCCK Tingkat bakorwil kemungkinan akan di laksanakan di Kota Surabaya.

Dari dinas kesehatan yaitu Dr.Norma Sumarti menyampaikan materi pemahaman penanganan dan pencegahan HIV/AIDS. Dokter yang sehari-hari bertugas di puskesmas kedungdoro ini menyampaikan bahwa HIV berbeda dengan Aids. Menurutnya, HIV tidak menular melalui gigitan nyamuk, bersalaman, sentuhan, menggunakan peralatan makan atau minum. Ia menghimbau, jika peserta menemukan warga dengan HIV harap segera menyarankan ke puskesmas terdekat untuk dilakukan terapi lebih lanjut atau bisa menghubungi Bpk. Faisol Anwar dari dinas kesehatan (081325558841) untuk penanganan lebih lanjut.. Menurutnya, pasien HIV/AIDS memerlukan dukungan warga untuk penyembuhan.

Sementara dari Komisi Penanggulangan Aids menyampaikan data bahwasannya fenomena masyarakat kota Surabaya yang terkena Aids seperti gunung es, masih banyak yang belum terdeteksi. Dalam kesempatan ini di peragakan pula alat kontrasepsi berupa kondom laki-laki dan kondom perempuan sebagai alat untuk menghindari bahaya akan penyakit Aids (Yanuar Yudha)

Komisi Penanggulangan Aids Memperagakan Penggunaan Kondom

Share on Google Plus

About Kim Swaraguna

0 comments:

Posting Komentar