Dispendik Gelar Pembinaan Rapor Online Bagi Guru

Dispendik Gelar Pembinaan Rapor Online Bagi Guru

KIM Gunung Anyar/Swaraguna - Sebagai upaya meningkatkan pemahaman guru tentang rapor online, mulai Selasa (7/10) hingga Kamis mendatang (9/10) Dinas Pendidikan Kota Surabaya (Dispendik) Surabaya melakukan pelatihan sekaligus pendampingan kepada para guru SMP/SMA/SMK dan para petugas IT sekolah di lima tempat yang berbeda.
Tempat pelatihan dan pendampingan pengisian rapor online berlangsung di SMPN 17, SMPN 22, SMP Barunawati, SMPN 26 dan SMPN 1. Kasi Kurikulum Dikmenjur Mamik Suparmi, M. Pd menjelaskan pelatihan tahap I bagi para guru SMP diikuti sebanyak 1.232 guru mata pelajaran dan petugas IT sekolah.

Kepala Dispendik Surabaya, Ikhsan menerangkan pelatihan ini bertujuan untuk melatih para guru dalam melakukan pengisian hasil belajar siswa ke dalam sistem rapor online, terutama para guru swasta yang belum pernah mendapatkan pelatihan pengisian rapor online, karena kedepannya semua sekolah baik negeri dan swasta di Surabaya siap menggunakan rapor online.

Manfaat adanya rapor online ini ialah membantu guru mata pelajaran dalam mendokumentasikan hasil belajar,membantu wali kelas dalam membuat laporan hasil belajar (rapor) peserta didik, membantu satuan pendidikan dalam menciptakan penilaian yang objektif, transparan, dan akuntabel, memudahkan pemerintah (Dinas Pendidikan) dalam mengevaluasi perkembangan pendidik dan satuan pendidikan, memudahkan masyarakat (orang tua peserta didik) dalam memperoleh informasi tentang kemajuan belajar peserta didik.

Pelatihan dan pendampingan pengisian rapor online ini setidaknya melibatkan 15 pengawas, 3 kepala sekolah, 28 guru SMP/SMA/SMK. Eko Prasetyoningsih, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dispendik mengungkapkan terdapat 46 Instruktur yang kemarin telah menjalani TOT. (Yanuar Yudha- sumber surabaya.go.id)
Share on Google Plus

About Kim Swaraguna

0 comments:

Posting Komentar