Gerakan Koperasi Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015



Gerakan Koperasi Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015

KIM Swaraguna - Pada peringatan Hari Koperasi yang ke 67, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surabaya mengadakan acara dialog interaktif antara Walikota Surabaya dengan pengurus koperasi se-Surabaya. Dalam acara ini, Ibu Walikota menyampaikan ketidak-inginannya melihat warga Surabaya menjadi penonton di kotanya sendiri. Untuk itu, hendaknya koperasi berperan aktif untuk menyiapkan diri dalam rangka era MEA. Koperasi harus mendata kebutuhan semua anggotanya, kemudian menyediakan kebutuhan tersebut, sehingga anggota koperasi bisa membeli kebutuhannya itu di koperasi dan tidak perlu membeli di ritel besar atau ritel asing yang kelak masuk ke Surabaya. Dengan adanya kegiatan semacam ini, keuntungan yang masuk ke koperasi akan kembali lagi dirasakan oleh anggota koperasi itu sendiri.

Dinas Koperasi dan UMKM Surabaya sendiri, terus berperan aktif dalam pengembangan kegiatan koperasi dan UMKM di kota Surabaya. Koperasi yang berdiri diharapkan tidak hanya menjadi koperasi simpan pinjam saja, tetapi menjadi Koperasi Serba Usaha (KSU) yang menyediakan kebutuhan bagi anggotanya. Sedangkan untuk membantu pemasaran produk UMKM, program Dinkop kota Surabaya membangun sentra PKL maupun sentra perdagangan tertentu. 

Untuk tahun 2014, target Dinkop membangun 10 sentra, yang sudah terealisasi ada 3 sentra, salah satunya adalah Sentra PKL Gunung Anyar. Diharapkan sentra ini akan menjadi pusat wisata kuliner untuk masyarakat sekitar Gunung Anyar yang tentu saja akan berdampak pada peningkatan omzet pedagang dan UMKMnya. (Dirangkum dan ditulis oleh : Rizki Rahmadianti)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar