Manajemen Sederhana untuk UKM

Manajemen Sederhana untuk UKM

KIM Swaraguna - Dalam mengembangkan suatu bisnis, secara umum ada 4 bagian yang harus dibangun. Bagian itu antara lain pemasaran, produksi, sumber daya manusia dan keuangan. Demikian pula dengan UKM, walaupun dalam skala yang lebih kecil, keempat hal ini hendaknya perlu diperhatikan.

Pemasaran
Bidang pemasaran adalah bagian terpenting dalam mengawali suatu bisnis, tanpa meremehkan bagian yang lain. Untuk membuat suatu bisnis, sebaiknya diadakan riset pasar terlebih dahulu tentang barang yang sedang dibutuhkan pasar. Akan lebih mudah menjual barang, saat kita bisa menyediakan apa yang sedang dibutuhkan pasar.

Produksi
UKM di Indonesia, kebanyakan berbasis produksi. Sehingga pada umumnya pelaku UKM di awal justru banyak menghadapi kesulitan di bidang selain produksi. Untuk permasalahan produksi, pemerintah melalui dinas-dinas terkait juga banyak berperan aktif dalam membantu pelaku UKM.

Sumber Daya Manusia
SDM sangat penting dalam pengembangan suatu bisnis. SDM adalah pemilik maupun karyawan yang terlibat dalam suatu bisnis. Pada umumnya, saat pemasaran mulai meningkat, UKM akan mulai kewalahan dalam penyediaan barang, sehingga perlu merekrut karyawan. Tantangan bagi pemilik UKM adalah bagaimana mendidik karyawan agar dapat melakukan pekerjaan dengan kualitas seperti yang sudah ada. Pada tingkat yang lebih lanjut, UKMpun memerlukan suatu Standart Operasional Prosedur (SOP) agar pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan bisa menghasilkan nilai sesuai dengan yang ditentukan.

Keuangan
Pada umumnya, pelaku UKM kurang peduli dengan masalah pembukuan keuangan. Kondisi tercampurnya keuangan bisnis dan rumah tangga akan menyebabkan bisnis sulit terukur perkembangannya karena tidak tercatat. Untuk awal, pencatatan laba rugi, wajib dimiliki oleh pelaku UKM, dan selanjutnya dilengkapi dengan pencatatan neraca dan laporan buku kas. (Ditulis oleh : Rizki Rahmadianti)





Share on Google Plus

About Kim Swaraguna

0 comments:

Posting Komentar