Surabaya Bersiap Menuju Green City 2020


Surabaya Bersiap Menuju Green City 2020

KIM Gunung Anyar/Swaraguna - Bersamaan akan dilaksanakannya Hari Bangunan Indonesia (HBI) tanggal 11 Nopember 2014. Komunitas pecinta gedung tinggi atau pencakar langit yang disebut skyscrapercity, menggelar gathering nasional ke IV, Sabtu (8/11), di pusat perkantoran Spazio.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sekaligus membeberkan konsep dan realisasi pembangunan green city Surabaya. Sebagai dasar menuju Surabaya 2020.

Wali Kota Surabaya mengatakan kedepan di Surabaya sudah tidak memungkinkan pembangunan dilakukan secara horizontal. Dikarenakan lahan di Surabaya semakin hari semakin sempit, mau tidak mau pembangunan gedung perkantoran dan perumahan dibangun scara vertikal.

Pemkot Surabaya juga membantu masyarakat ekonomi menengah dan kurang mampu dengan membangun rumah susun. Sebab, sebanyak 60 persen masyarakat lebih memilih tinggal di perkotaan, karena dekat dengan pekerjaan mereka. Namun, yang terjadi sekarang, lanjut Risma, mereka tinggal di pinggir perkotaan karena nilai jual rumah relatif murah dibandingkan di kota.

Pembangunan gedung vertikal harus dibarengi dengan transportasi massal yang memadai, kata Risma, untuk itu Pemkot Surabaya akan membangun Angkutan Massal Cepat (AMC) trem dan monorel. Karena, transportasi massal akan sangat dibutuhkan agar di pusat kota tidak macet.

Menurut Sinarto Dharmawan, Chief Operating Officer Surabaya PT Intiland Development Tbk mengatakan, Indonesia sebagai salah satu negara yang rawan bencana juga memerlukan standar bangunan yang cocok dengan kondisi tersebut dan seharusnya seluruh pelaku konstruksi dan masyarakat harus memahami standar bangunan.

Disamping itu Indonesia juga memiliki kekayaan sejarah dan budaya yang telah meninggalkan bangunan-bangunan bersejarah dan arsitektural yang memiliki nilai budaya tinggi, maka hal tersebut harus terus dijaga, dilestarikan dan dikembangkan . (Yanuar Yudha. Sumber surabaya.go.id)
Share on Google Plus

About Kim Swaraguna

0 comments:

Posting Komentar