Bersihkan Sungai, Warga Rungkut Tengah Bangun Jamban

Bersihkan Sungai, Warga Rungkut Tengah Bangun Jamban
Swaraguna - Semingguan ini di kawasan Rungkut Tengah Surabaya terdapat kegiatan pembangunan swadaya masyarakat. Kegiatan ini di prakarsai oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) dan Urban Sanitation Rural Unfrastructures (USRI),mereka bekerja sama dalam membangun IPAL Komunal. Kegiatan ini di laksanakan agar warga tidak lagi melakukan Buang Air besar (BAB) langsung ke sungai. 

"Kondisi Rungkut Tengah ini sangat padat, jadi hampir semua rumah di sini belum mempunyai jamban, akhirnya mereka buang hajat langsung ke sungai" papar Lurah Rungkut Tengah Luhur Budi Utomo. Menurut pantauan Swaraguna di sekitar sungai yang melewati kampung Rungkut Tengah ini masih terdapat jamban yang berdiri di atas saluran air atau istilahnya WC helikopter. Setelah proyek IPAL ini selesai bangunan WC helikopter yang ada akan di bongkar.

Pembangunan IPAL Komunal yang di perkirakan selesai pada bulan Januari ini akan di lakukan bertahap mulai RW 1 sampai ke RW 5. Selain IPAL Kelurahan Rungkut Tengah juga mempunyai program pembangunan jamban keluarga untuk warga. " Yang ini tidak gratis, biayanya Rp.1,7 juta, termasuk kloset, septic tank dan resapan air" terang Luhur. Meskipun tidak gratis, warga masih bisa di berikan keringanan dengan cara mengangsur, total sudah 11 warga yang di bangunkan jamban keluarga. 
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar