Cara membayar Pajak Motor Lewat Online

Swaraguna - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur saat ini telah berupaya untuk menekan jumlah penunggak pajak kendaraan bermotor.  Jumlah penunggak pajak kendaraan Roda dua, tiga dan plat kuning saat ini mencapai 500 ribu lebih. padahal potensi pajak daerah yang di hasilkan dari sektor kendaraan bermotor mencapai Rp 7,4 triliun. Sebanyak  Rp 3,6 triliun berasal dari bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) dan Rp 3,8 triliun berasal dari pakaj kendaraan bermotor (PKB).

Untuk mengatasi tingginya jumlah penunggak pajak, saat ini diselenggarakan pembebasan sanksi bunga pajak bagi roda dua, roda tiga dan plat kuning, hal ini berdasarkan Peraturan Gubenur Jawa Timur Nomor 78 tahun 2014. Selain itu masyarakat juga di berikan berbagai kemudahan dalam proses pembayaran pajak. masyarakat Jatim bisa memanfaatkan Samsat induk, Samsat drive thru, Samsat keliling, Samsat corner, Samsat payment point, Samsat bus keliling,Samsat pembantu,  ATM Samsat di Grand City Mall Surabaya dan terakhir bisa melakukan via online melalui www.esamsat.jatimprov.go.id. "Intinya, masyarakat yang mau membayar pajak harus di berikan kemudahan seluas-luasnya, jadi ga ada lagi slogan Bayar Pajak Kok Repot" tutur Gubenur Jawa Timur Sukarwo.

Berikut Langkah-langkah pembayaran pajak Via Online.
1. Buka www.esamsat.jatimprov.go.id, pilih E-Samsat
 








2. Maka akan muncul form untuk memilih lokasi samsat di mana anda mendaftarkan kendaraan dan nomor polisi lalu klik tombol CARI


3.Setelah itu akan muncul data mengenai kendaraan anda dan besaran pajak yang harus anda bayarkan.

4. lalu akan muncul form untuk mengisi nomor rangka dan BPKB, pilih lokasi dimana anda akan mengambil bukti pajak dan pengesahan STNK, pilih lokasi bank di mana anda akan membayar , setelah itu akan muncul kode bayar untuk membayar pajak anda.
 













5. Setelah anda membayar pajak ke bank (bisa lewat ATM/Teller) anda bisa langsung menuju kantor Samsat untuk mendapatkan pengesahan.
sangat mudah dan simple, daripada harus ke Samsat untuk antri, belum lagi risih dengan banyaknya calo yang berkeliaran. (Yanuar Yudha) 




Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar