Dinas Koperasi dan UMKM mewadahi Sentra PKL di Surabaya

 

Dinas Koperasi dan UMKM mewadahi Sentra PKL di Surabaya

KIM Swaraguna - Pada tahun ini, Dinas Koperasi dan UMKM kota Surabaya menargetkan terbentuknya sepuluh sentra pedagang kaki lima (PKL) di kota Surabaya, sedangkan di tahun 2015 ditargetkan pembukaan 8 sentra PKL lagi. Sampai saat ini, yang sudah dibuka ada 3 sentra PKL yaitu sentra PKL Gunung Anyar, Siwalan Kerto dan Krembangan. Dana yang dikucurkan pemerintah untuk pembangunan sentra PKL adalah sebesar Rp 1 miliar per sentra PKL.  Diharapkan kedepannya, sentra PKL ini selain untuk membantu pemasaran produk mamin PKL dan UMKM, juga menjadi pusat kuliner di tiap-tiap wilayah tersebut.

Sentra PKL Gunung Anyar, sejak diresmikan yang bertepatan dengan hari jadi koperasi, sampai saat ini semua stand telah terisi penuh. Dari wawancara kepada pedagang di sentra PKL ini, fasilitas yang diberikan secara umum cukup bagus walaupun ada di beberapa hal yang masih perlu dibenahi. Pengunjung yang datang memang belum terlalu ramai seperti sentra PKL di Masjid Agung yang padat pengunjung. Rata-rata omzet per hari sampai saat ini berkisar Rp 100rb - 500rb per pedagang. Pendapatan ini diharapkan akan terus meningkat sejalan dengan semakin dikenalnya lokasi ini dan bertambahnya pengunjung.

Kota Surabaya sendiri telah memiliki 21 sentra PKL yang sudah berjalan. Selain 3 sentra PKL yang baru diresmikan, ada beberapa sentra PKL yang masih dalam tahap pengerjaan yaitu sentra PKL Deles, Jajar Tunggal, Kembang Kuning, Wonorejo, Tandes dan Klampis Ngasem. (Ditulis oleh : Rizki Rahmadianti)

Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar