KPR Murah Untuk Para Pekerja

KPR Murah Untuk Para Pekerja
Swaraguna - Saat ini kebutuhan rumah bagi masyarakat rendah mencapai 800ribu unit/tahun sedangkan kemampuan pemerintah untuk membangun rumah hanya 200-300ribu unit/tahun. Akibatnya sampai saat ini masih terjadi backlog/kekurangan hingga lebih dari 1 juta unit perumahan. Untuk mengatasi hal ini pemerintah melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan akan melaksanakan program berupa bantuan kredit kepemilikan rumah murah. 

Program KPR murah ini akan di laksanakan paling cepat pada awal 2015 dengan 4 provinsi sebagai pilot projectnya yaitu Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Jawa Timur dan Jawa Barat. "Untuk lokasinya kita akan tentukan berdasarkan daerah yang merupakan kantong-kantong pekerja" jelas Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G.Masassya.

Kesulitan terbesar bagi para pekerja untuk mendapatkan rumah adalah uang muka yang besar dan cicilan bulanan yang tinggi dikarenakan bunga dari bank yang juga tinggi. Oleh karena itu BPJS akan memberikan bantuan pinjaman uang muka dengan plafon Rp.50 Juta serta akan memberikan akses KPR dengan bunga yang lebih rendah .Program ini akan segera di sosialisasikan ke perusahaan-perusahaan di 4 provinsi tersebut lalu perusahaan akan mengkoordinir para pekerja untuk mendapatkan fasilitas KPR murah ini, dengan syarat gaji maksimal tidak boleh melebihi Rp.4,5 juta/bulan.

BPJS ketenagakerjaan telah menganggarkan dana sebesar Rp 200 miliar untuk program ini. Selain rumah tapak akan di bangun pula rumah susun/flat sehingga dengan luas yang terbatas bisa dibangun banyak tempat tinggal. Nantinya unit yang di bangun ini akan di upayakan untuk dekat dengan lokasi pabrik/kantor para pekerja sehingga pekerja tidak menghabiskan waktu,biaya dan ongkos untuk pulang pergi ke kantor/pabrik. "Proyek rumah murah,saat ini sudah berjalan di Batam dan untuk Palembang,Surabaya,Karawang dan Serang sudah masuk tahap pengembangan, juga nantinya akan di selaraskan dengan program Kementrian PU dan Perumahan Rakyat" jelas Elvyn. (Yanuar Yudha)    



Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar